Tuesday, April 21, 2009

Kampas Rem Ramah Lingkungan

Kampas Rem Motor sebagian besar terbuat dari bahan asbes yang tidak ramah lingkungan. Tapi tahukah Anda, kini sudah ada Kampas Rem yang berbahan baku non asbes.

"Bahan asbes itu untuk motor generasi 90an, sekarang masanya sudah habis, karena motor sekarang kencang-kencang,biasanya menggunakan Rem Cakram" ujar perwakilan dari PT Inti Bagas Perkasa (IBP), Arif Tri Waskito, kepada detikOto akhir pekan lalu.

Kampas Rem yang diproduksi BUMN PT Inti Bagas Perkasa, yang merupakan anak perusahaan dari PT RNI ini mulai mengembangkan kampas tanpa rem sejak beberapa tahun lalu.

Dia masih banyak orang beranggapan, Kanvas Rem tanpa asbes itu
mahal. "Karenanya, kita sebagai produsen lokal, bangga dapat menghadirkan part-part lokal semacam ini," ujarnya.

"Kita pertama kali di Indonesia yang memproduksi Kanvas Rem tanpa asbes. Karena kita tahu, bagaimana bahayanya asbes bagi lingkungan," tambahnya.

Dulu IBP mengembangkan Kampas Rem Motor yang terbuat dari ampas tebu hasil olahan RNI, namun karena tidak tahan panas tepatnya di atas 200 derajat celcius akhirnya IBP mengembangkan bahan baku lain.

"Pada suhu di atas 200 derajat, ampas tebu cenderung terbakar, dan menjadi karbon yang licin," ujar Arif.

Oleh karena itu, produk teranyar mereka, IBP Brake, menggunakan bahan dasar Kevlar, Rockwell dan resin, yang diklaim memiliki daya tahan panas lebih dari 200 derajat celcius.

Arif menambahkan, dengan kondisi motor sekarang yang sudah bisa melaju di atas 100 km/ jam, akan membutuhkan Rem Motor yang maksimal, yang pastinya akan menghasilkan panas yang luar biasa akibat gesekan Kampas Rem Cakram pada piringan Rem Cakram.

"Dengan bahan non asbes ini, daya cengkram menjadi lebih baik, karena daya tahan panasnya lebih tinggi," ujarnya.

Sumber: oto.detik.com

Temukan informasi laiinya pada Kampas Rem - Kanvas Rem - Rem Cakram - Cakram Motor - Kanvas Kopling - Kampas Kopling - Rem Motor - Kampas Rem Cakram - Kampas Rem Motor dan Kampas Rem & Kanvas Kopling : Kampas Rem Cakram & Kampas Rem Motor Majalengka Jawa Barat hanya di 88db.com

No comments:

Post a Comment