Thursday, May 14, 2009

Cara Luluran Sendiri

Selain membuat kulit lebih bersih, lulur juga membantu pengelupasan sel kulit mati serta menggantinya dengan lapisan kulit baru yang lebih sehat. Anda juga bisa membuat sendiri ramuan lulurnya atau membeli Lulur Bali.

Bahan yang diperlukan:
- 2 sendok makan tepung beras.

- 3 ruas kunyit ukuran ibu jari. Bermanfaat sebagai anti-oksidan, antiseptik, anti bakteri, anti jamur dan anti alergi. Menghilangkan gatal-gatal di kulit, dan berfungsi sebagai stimultan hingga peredaran darah menjadi lancar.

- 1 ½ ruas kencur ukuran ibu jari. Gunanya sebagai emolien yang bisa membuat kulit menjadi halus, merawat jaringan kulit yang teriritasi, sebagai antiseptik, menyingkirkan bau badan dan membantu menghilangkan rasa lelah.

- essential oil kesukaan Anda. Sebagai pengharum dan Aromaterapi

Cara membuat:

- Campur dan haluskan semua bahan di atas. Bisa ditumbuk atau menggunakan blender/food processor. Tempatkan dalam mangkuk kecil. Jika adonannya terlalu pekat, tambahkan sedikit air hangat hingga menyerupai pasta (seperti bumbu masakan yang digiling). Lihat Kerajinan Bali dan Spa Bali.

Selama ini lebih banyak orang menggunakan lulur sebelum mandi, padahal cara yang paling tepat, apalagi dilakukan di rumah sendiri, sebaiknya dilakukan sesudah mandi. Jadi kondisi kulit sudah bersih.

Cara penggunaannya:

- Seusai mandi, oleskan minyak zaitun di sekujur tubuh Anda. Anda bisa minta bantuan orang lain untuk memijat agar otot tubuh benar-benar rileks. Jika Anda menggunakan minyak Aromaterapi, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit dan kesehatan.

- Diamkan sejenak hingga minyaknya kering meresap.
- Lumurkan ramuan tadi menutupi tubuh Anda.
- Biarkan hingga setengah kering, gosok perlahan dengan gerakan memutar. Bubuk lulur akan luruh membawa kotoran dan sel kulit mati dari tubuh Anda.
- Bilas tubuh dengan air hangat (Aroma Terapi).

Agar kulit menjadi dingin, Anda bisa melanjutkannya dengan melumurkan yogurt tanpa rasa selama 15 menit. Bilas kembali hingga bersih. Lihat Spa Bali dan Aroma Terapi.

Ingin lebih rileks lagi? Berendamlah dalam sensasi air hangat yang dicampur dengan segenggam campuran bunga (mawar, melati, irisan daun pandan) dan beberapa tetes minyak esensial. Dan jangan lupa untuk meminum segelas air putih sesudahnya, agar terhindar dari dehidrasi.

Sumber: www.astaga.com

Temukan semua Kerajinan Bali, Lulur Bali, Aroma Terapi, Spa Bali, Tas Bali, Aromaterapi dan Kerajinan & Lulur Bali: Aromaterapi & Aroma Terapi -Spa & Tas Bali Cakung Jakarta Timur semua ada di 88DB.Com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment