Tuesday, July 21, 2009

Camilan dan Snack Sehat Untuk Anak

UMUMNYA si kecil yang dalam usia pertumbuhan, sedang suka-sukanya bereksplorasi dengan aneka jenis makanan. Yang dikhawatirkan, si kecil lupa dengan makanan pokoknya, dan lebih suka makanan ringan atau Snack.

Nah, Moms yuk kenali camilan yang sehat untuknya. Tapi Moms jangan lupa ya, orangtua juga perlu memberi contoh yang baik untuk anak dalam memilih makanan yang sehat lho!

Menurut dr Francisca A Tjakradidjaja MS SpGK, dari RSIA Hermina Depok, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Moms, di antaranya:

Manfaat snack

Makanan ringan (Snack Food) atau camilan adalah makanan yang dikonsumsi di antara waktu makan utama. Konsumsi camilan merupakan bagian dari pengaturan diet yang seimbang. Camilan sehat akan menyediakan energi ekstra untuk beraktivitas dan membantu menjaga energi sampai tiba waktu makan utama.

Selain itu, konsumsi Snack sehat dapat menjaga kemampuan mengingat dan perhatian anak. Apabila menunggu lama waktu makan siang, gula darah akan turun. Maka sumber energi untuk otak akan menurun, dengan konsumsi camilan sehat akan membantu menjaga kadar gula darah sehingga otak akan berfungsi baik. Pemberian camilan sehat (Snack Shop) pada anak juga akan membentuk kebiasaan makan yang sehat dan meningkatkan variasi jenis konsumsi makanan anak serta menghindari terjadinya overeating saat makan utama (Snack Food Shop).

Tiga Kali dalam sehari

Pembagian waktu makan untuk anak biasanya 3 kali makan utama dan 3 kali camilan dengan porsi kecil. Nah, Moms camilan biasanya diberikan di antara waktu makan kurang lebih berselang 2-3 jam. Camilan (Snack Food Shop) pertama di antara makan pagi dan makan siang, kedua di antara makan siang dan makan malam dan ketiga sebelum tidur malam.

Pemilihan camilan (Snack Food) yang sehat dapat menjaga makan berlebihan saat makan utama. Gambaran camilan (Snack Shop) yang sehat adalah rendah kalori, dan rendah lemak, serta rendah gula, akan lebih baik bila mengandung vitamin, mineral serta serat yang cukup. Kandungan pengawet, pewarna sebaiknya dihindari. Pilihlah jenis makanan yang segar.

Pemilihan minum saat mengemil juga penting. Minuman bersoda, sirup akan meningkatkan jumlah kalori. Es krim sebagai camilan dapat menjadi pilihan, akan lebih baik bila diberi potongan buah segar seperti pisang, strawberi. Youghurt dengan irisan buah juga dapat digunakan. Jika si kecil inginkan popcorn, sebaiknya tidak ditambahkan mentega, madu, garam terlalu banyak, lebih baik Moms berikan yang tawar. Jika si kecil suka makan sosis, lebih baik diganti dengan puding buah, atau jus buah segar. Moms sekarang sudah tahu kan menu snack yang lebih sehat untuk si kecil.

lifestyle.okezone.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment