Thursday, July 16, 2009

Inovasi Kebaya Tiada Henti

SEMAKIN maraknya busana Kebaya dikenakan di berbagai kesempatan, maka inovasi kebaya pun menjadi semakin diperhatikan. Jika dulu cara pemakaian busana kebaya ini hanya terletak pada motif dan warna dengan perpaduan lilitan kain jarit. Maka dengan berjalannya waktu, busana kebaya berubah menjadi busana yang wajib dikenakan di acara-acara pesta.

Busana Kebaya Modern tidak hanya dikenakan saat pesta formal, untuk pesta yang tergolong santai pun pemakaian kebaya menjadi suatu keharusan walaupun dengan potongan yang lebih sederhana.

Yang perlu diingat agar tampil tetap cantik saat mengenakan Kebaya adalah memerhatikan bentuk tubuh kita. Jangan memaksakan kebaya yang tidak pantas kita kenakan hanya dengan model atau potongannya yang sedang in.

Modifikasi Bentuk Kerah

Banyak cara untuk memodifikasi Kebaya Tradisional dengan cara mengubah bentuk kerah dan bentuk lengan yang memperlihatkan kelebihan bentuk kita. Jika dulu perhatian kerah selalu bergaya klasik seperti shawl collar (syal kerah), decolette (bundar rendah), kini lebih pada kerah bergaya off shoulder (kerah terbuka dengan memperlihatkan pundak), kerah mandarin atau kebaya modern dengan yoke dada berkerut kerah tegak berkancing.

Modifikasi Lengan

Kebaya bukan saja memperlihatkan siluet tubuh si pemakai, bentuk lengan juga berpengaruh untuk menampilkan kebaya sebagai busana resmi dengan sentuhan modern.

Dibutuhkan kreativitas dan kreasi Penjahit Kebaya agar kebaya tidak lagi tampak sebagai busana kuno. Meskipun gaya klasik masih diminati, tak ada salahnya mengubah bentuk lengan menjadi lebih chic. Sebut saja lengan berbentuk terompet, model seperempat lengan, atau lengan berbelah. Namun, apapun sebutan dan bentuknya, kebaya tetap menarik untuk dikenakan.

Modifikasi Klasik Modern

Jangan ragu untuk memadukan bentuk-bentuk lengan dari Kebaya Modern, bahkan futuristik pada kebaya Anda. Hal ini sah-sah saja karena tidak ada lagi batasan yang melarang paduan unsur klasik dengan unsur modern.

Bentuk lengan kebaya klasik mayoritas adalah lengan panjang dengan detail sederhana. Namun sekarang Anda dapat bermain dengan bentuk, warna, jenis bahan, jenis aplikasi, dan detail yang jauh lebih beragam.

Modifikasi Cutting

Perlu kita sadari bahwa saat ini bukan Kebaya Tradisional saja yang diminati. Kini telah banyak busana kebaya yang dimodifikasi. Namun, kita harus memperhatikan aturan dalam kebaya yang tidak bisa dihilangkan, yaitu cutting.

Walaupun bentuk kebaya sudah dimodifikasi oleh Penjahit Kebaya namun bentuknya tetap menunjukkan bahwa kebaya adalah busana tradisional khas Indonesia. Bentuk kebaya juga harus disesuaikan dengan si pemakai, karenanya pengenalan karakter seseorang sangat diperlukan untuk menjadikan busana ini sesuai dengan kurva bentuk tubuhnya.

lifestyle.okezone.com

No comments:

Post a Comment