Monday, July 6, 2009

Kunci Sukses Belajar Melukis

Perbanyak pengetahuan dan pengalaman (teknik/eksperimen), sebab kalau banyak pengetahuan dan pengalaman, tentu banyak yang bisa dituangkan kedalam lukisan. Dan bergaullah dengan orang-orang di dunia lukis, banyak manfaatnya termasuk masukan dan kritikan.

Cara belajar, bisa belajar langsung sama pelukis, dari buku-buku, browse di internet, yang pasti apapun cara belajarnya. Bisa juga dengan mengikuti
les lukis/les melukis. Harus Melukis Tiap Hari, itu kuncinya. Tiap sketsa yang dibuat, atau tiap warna yang ditoreh adalah pengalaman yang akan terus naik, jika konsisten. Jangan terpaku pada hasilnya harus bagus. Tapi bagaimana membuat suatu lukisan itu menjadi bagus, tentu menurut kaidah seni yang standarnya susah katanya.tapi tetap saja memiliki standar-standar tertentu tentang keindahan, semisal, fokus, keseimbangan warna, komposisi, dll. Terserah itu lukis gambar apa, lukis kartun/gambar kartun juga tidak masalah.


Perbanyak sketsa, kalau anda baru mulai
melukis, sketsa apapun target diri anda misalnya sehari 20 lembar sketsa pinsil. Ini berguna untuk keberanian tangan anda kelak, apapun aliran lukisannya.


Kemudian pahami warna, banyak buku-buku yang menerangkan tentang warna.
1. warna netral, hitam dan putih.2.warna primer, biru, merah, kuning3.warna skunder,hijau (campuran dari biru dengan kuning)orange (merah dengan kuning)ungu (biru dengan merah)warna primer,jika ketiganya diaduk, menjadi cokelat.warna skunder, jika ketiganya diaduk, menjadi abu-abu.

Kemudian ada warna opposite, di mana antara kedua warna ini memiliki nilai kontras yang tinggi, tetapi bila dicampur menghasilkan warna gelap yang cukup asyik, yaitu antara kuning dengan ungu, biru dengan orange dan merah dengan hijau.


Yang terbaik dan termudah, adalah HARUS MELUKIS TIAP HARI, meski satu/dua jam. Perbanyak komunikasi dengan Tuhan, karena Dia Maha Indah. Dan dunia
lukis memerlukan kesabaran dan perjuangan yang teguh dan konsisten.


http://id.answers.yahoo.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Sanggar Lukis - Les Lukis - Sanggar Melukis - Lukis Gambar - Lukis Kartun - Gambar Kartun - Les Melukis - Belajar Melukis - Kursus Melukis hanya di 88db.com


Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action dan Terapkan Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment