Wednesday, July 1, 2009

Langkah Perawatan AC Secara Sederhana

Apabila Air Conditioning (AC) ingin bekerja optimal sehingga kualitas kesejukannya maksimal. Pastikan seluruh komponen AC selalu dalam perawatan. AC yang bersih menjadikan seluruh sistem kerjanya berjalan lancar.

Tak ada lagi hambatan sirkulasi udara. Kerja komponen AC, seperti kompresor, tak lagi berat. AC pun bisa bertahan lama. Maka perawatan berkala wajib dilakukan.


Ada
dua proses pembersihan dalam maintenance AC, yaitu “Kecil” dilakukan untuk unit bagian dalam (indoor), misalnya filter dan penutup home AC, dan yang “Besar” mencakup komponen Indoor (evaporator-nya) dan bagian luar (outdoor). Pembersihan kecil bisa dilakukan sesering mungkin, misalnya dua minggu. Pembersihan besar cukup dilakukan tiga bulan sekali.

Alat dan Bahan yang diperlukan untuk melakukan perawatan:


a. Kuas
b. Lap kering
c. Air
d. Sabun

Langkah Pengerjaan :


1. Pastikan dalam
maintenance AC dalam kondisi off atau tidak dialiri arus listrik


2. Buka penutup filter, lalu cabut dengan mendorongnya keatas hingga filter keluar dari dudukannya, dan tariklah.


3. Bersihkan swing pengaturan arah angin dan kisi-kisi penutup filter dengan air dan lap kering atau kuas.


4.Bersihkan filter
home AC dengan menyiramnya memakai air sabun. sikat bagian-bagian yang kotor, tetapi jangan menggunakan sikat kasar karena akan merusak elemen filter yang lunak.


5. Keringkan sebelum filter dipasang kembali.


http://iptech.wordpress.com

Temukan informasi lainnya mengenai AC Maintenance | Home AC | Central AC Maintenance | Home AC Maintenance | AC hanya di 88db.com

No comments:

Post a Comment