Friday, July 10, 2009

Manfaat Ikut Kegiatan Outbound

Sekilas, outbound memang terkesan sebagai aktivitas santai-santai belaka. Bagaimana tidak? Habis, aktivitasnya hanya berkutat diseputar permainan yang seru dan menyenangkan. Dilakukannya pun dalam suasana santai. Namun demikian, jangan diremehkan kegiatan yang satu ini. Soalnya, dibalik image santai dan senang-senang, ada segudang manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan outbound tour ini.

Antara lain, bisa mempererat kekompakan antar karyawan. Hampir semua kegiatan outbound selalu dilakukan secara berkelompok. Untuk bisa menyelesaikan suatu tantangan, diperlukan banget kerja sama tim. Together Everyone Achieves More.


Dengan terciptanya semangat kerjasama dan perasaan senasib sepenanggungan, maka solidaritas akan muncul dengan sendirinya. Outbound juga bisa menghilangkan gap antara karyawan lama dengan karyawan baru yang sering terjadi. Kalau senior beserta junior berada disatu tim, mau nggak mau mereka 'dipaksa' melakukan segalanya bersama-sama. Yang tadinya mungkin di kantor hanya sekedar tahu nama, setelah outbound mereka akan lebih akrab.

Beragam tingkat kesulitan dalam permainan juga dapat membangun sikap pantang menyerah dan menumbuhkan rasa percaya diri (self-confidence) dalam diri peserta, terutama saat mereka berhasil menyelesaikan permainan. Keberanian dalam menghadapi tantangan dan mengambil resiko pun akan terbangun selama peserta mengikuti outbound.

Manfaat lainnya, outbound tour dapat mengasah kemampuan bersosialisasi. Pada saat bergabung dalam sebuah tim, peserta akan bertemu dan bekerjasama dengan orang-orang yang mungkin memiliki kepribadian berbeda dengan dirinya. Kondisi tersebut akan menjadikan peserta lebih menghargai perbedaan di sekitarnya.

Manfaat lain mengikuti outbound adalah:

Ø Meningkatkan kemampuan mengenal diri dan orang lain.


Ø Melatih ketahanan mental dan pengendalian diri.


Ø Menumbuhkan empati.


Ø Melahirkan semangat kompetisi yang sehat.


Ø Meningkatkan jiwa kepemimpinan.


Ø Melihat kelemahan orang lain bukan sebagai kendala


Ø Meningkatkan kemampuan mengambil keputusan dalam situasi sulit secara cepat dan akurat.


Ø Membangun rasa percaya diri.

Ø Meningkatkan rasa kebutuhan akan pentingnya kerja tim untuk mencapai sasaran secara optimal


Ø Investasi jangka panjang


http://tatacara.blogspot.com

Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment