Thursday, July 2, 2009

Memilih Tipe Penjilidan Buku

Memilih tipe penjilidan atau book binding bagi buku, katalog, booklet, company profile atau materi presentasi merupakan hal yang sulit terutama bila ingin menekan biaya produksi atau cetak. Memilih tipe penjilidan adalah hal yang paling awal harus diputuskan sebelum memulai pekerjaan mendesign.

Hal pertama yang harus ditentukan adalah memilih jenis sampul atau
cover agenda buku, apakah akan memakai hardcover atau paperback. Menggunakan hardcover merupakan pilihan yang agak mahal namum dapat memberikan kesan profesional dan mewah sedangkan paperback sangat cocok bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas. Sesuaikan anggaran dengan cover pilihan Anda.


Di bawah ini adalah empat tipe book binding yang populer dari sekian banyak cara penjilidan book binding yang ada.


Plastic Comb Binding
Ini adalah book binding yang paling murah dari semua tipe penjilidan buku atau book binding. Tipe penjilidan ini memungkinkan buku, booklet, katalog atau company profile untuk dibuka rata, mudah untuk digandakan dengan fotokopi, ringan dan isi dapat ditambahkan kemudian atau dikeluarkan bila sudah tidak relevan lagi. Kelemahan utama dari plastic comb binding ini adalah biasanya dilakukan manual dengan pekerjaan tangan dan bila dilakukan dalam jumlah besar akan sangat tidak efesien dan efektif lagi sehingga akan memakan biaya yang tinggi bagi proses produksinya.

Saran Penggunaan: Laporan intern, presentasi, proposal dan dokumen formal


Ring Spiral Binding
Teknik jilid spiral atau spiral coil binding ini lebih mahal dari tehnik penjilidan plastic comb. Jilid spiral ini tersedia dalam dua macam bahan yaitu plastik dan kawat, dengan jilid ring spiral kawat umumnya lebih mahal dari segi biaya produksi. Buku, booklet, katalog, atau company profile yang dijilid dengan spiral dapat dibuka hingga rata bahkan ditekuk kebelakang agar mudah dibaca atau digandakan. Jilid ring spiral ini sangat populer dipergunakan untuk membuat kalender meja.

Saran Penggunaan: Buku manual, buku tehnik, presentasi, kalender, notebook, agenda.
http://pensilwarnadesign.multiply.com

Temukan informasi lainnya mengenai Cover Agenda - Desain Cover - Desain Agenda - Jual Cover - Jual Agenda - Cover - Agenda hanya di 88db.com

No comments:

Post a Comment