Thursday, July 2, 2009

Mencari Tempat Pernikahan

Bila kini Anda pun berada diambang kebimbangan untuk memilih tempat perkawinan, berikut beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan:

1. Tema dan konsep pernikahan
Kedua hal ini merupakan faktor utama yang mendasari pemilihan tempat perkawinan sebuah tempat resepsi karena menentukan jenis ruangan yang akan digunakan, apakah di luar atau di dalam ruangan/ gudang. Sebuah pernikahan dengan konsep tradisional umumnya menyelenggarakan pesta pernikahan di dalam gedung. Sementara itu, bila tema pernikahan Anda adalah pesta kebun, tentu saja akan memilih tempat di tengah hamparan rumput yang luas dan di bawah langit terbuka. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan bila ingin menggelar resepsi pernikahan di area terbuka. Berkaca pada kejadian minggu yang lalu saat Jakarta diguyur hujan dengan angin yang kencang, tak ada salahnya bila Anda mempersiapkan tenda dibeberapa titik - misalnya tempat makan - walaupun tanggal pernikahan Anda sudah memasuki musim kemarau. Lagipula, cuaca kadang tidak dapat ditebak.

2. Biaya
Sesuaikan biaya penyewaan gedung perkawinan Anda dengan anggaran yang dimiliki. Jangan sampai alokasi dana Anda tersedot pada masalah tempat, padahal masih ada bagian lain seperti dokumentsi, konsumsi, atau dekorasi yang juga membutuhkan biaya besar.

3. Kapasitas tamu
Pemilihan wedding venue sebaiknya dilakukan setelah Anda mengetahui perkiraan total jumlah tamu yang akan diundang. Hal ini akan mempercepat waktu pemilihan. Tentunya, kapasitas tamu ini juga akan berhubungan dengan masalah biaya. Semakin besar luasnya, semakin mahal pula harganya. 4. ParkirMasalah parkir bisa menjadi satu masalah tersendiri bagi tamu. Tak jarang, tamu akan merasa jengkel bila tak mendapat parkir setelah berputar selama setengah jam atau 1 jam hingga akhirnya melewati pesta pernikahan. Anda pun tak mau kejadian seperti ini terjadi, jadi pastikan bahwa kapasitas parkir gedung perkawinan mampu menampung jumlah tamu yang diundang dan memiliki keamanan yang baik.

5. Rekanan
Dewasa ini, tempat yang biasa dijadikan resepsi pernikahan biasanya memiliki rekanan bisnis. Mulai dari perias, dekorasi, konsumsi, hingga dokumentasi. Beberapa tempat wedding venue mengharuskan Anda sebagai penyewa untuk menggunakan rekanan ini dan bila menggunakan jasa luar biasanya terkena biaya tambahan. Namun ada pula yang hanya mengharuskan beberapa rekanan saja, misalnya hanya untuk masalah dekorasi saja atau konsumsi. Pertimbangkanlah dengan cermat untung ruginya (bila terdapat biaya tambahan) sebelum menjatuhkan pilihan.

6. Lokasi
Lokasi tempat pernikahan yang strategis bisa menjadi satu keuntungan tersendiri. Bayangkanlah bila Anda menjadi tamu, harus melewati jalanan yang macet dan berliku -liku. Belum lagi dengan kemungkinan tersasar.

7. Pemesanan
Masalah pemesanan wedding venue rental juga merupakan suatu kendala tersendiri. Untuk itu, sebaiknya pesanlah tempat setahun sebelumnya tahu booking tanggal dan jam yang diinginkan. Tak jarang, tanggal pernikahan yang sudah dimantapkan dan telah dihitung hari baiknya, harus diundur hanya karena tak ada tempat dengan tanggal yang sesuai. Nah, sudahkah Anda mempertimbangkan ketujuh hal di atas?

http://semarangwedding.co.cc

Temukan informasi lainnya mengenai Hotel Wedding Venue - Hotel Wedding Venues - Luxury Wedding Venue - Wedding Venue Rental - Wedding Venue - Gedung Perkawinan - Tempat Perkawinan hanya di 88db.com

No comments:

Post a Comment