Tuesday, July 14, 2009

Modifikasi Mazda

Christian Purnama, pemilik Honda S2000, bila jumpa mobil Mazda RX-7 DAN Mazda Rx 8 hitam ini harus waspada. Jika sampai Mr X, sang pemilik yang enggan disebut namanya, mengeluarkan "Gagak Hitam" yang banyak tidur di garasi untuk memenuhi tantangan Chris, maka bisa seru. Jangan-jangan, justru Si Mazda Kuning yang diasapi. Sebab, dari segi tenaga, Mazda 6 bikinan 2002 ini menyimpan tenaga 456 dk. Kelebihan sampai 180 dk dari standarnya. Sementara itu, si penantang hanya 320 dk. Lonjakan itu tercipta setelah dapur pacu standar Rotary 13B-REW (2 x 650 = 1.300 cc) mobil Mazda 6 dijejali komponen performa bikinan HKS.

Suara khas turbo
mobil Mazda Rx 8
Bagian dari mesin mobil Mazda yang dimodifikasi di antaranya frontmount intercooler, diaplikasi dari HKS. Selain turut meningkatkan tenaga yang dihasilkan dari rumah keong (turbo) Mazda Rx 8 berspek sequential twin turbocharger, juga efisiensi didapat. Kemudian, untuk mencegah pembuangan gas buang dari turbo saat pedal gas diangkat, ditambahkan blow off valve (BOV). Selain untuk mencegah hal tadi, sistem pemasangannya yang bypass valve aftermarket tak lain menjaga keawetan turbo. Asyiknya, tekanan udara yang dimuntahkan BOV mengeluarkan suara desahan khas turbo Mazda 6.

Banyak lagi komponen mesin
mobil Mazda Rx 8 yang diganti dengan HKS, seperti air intake Super Mega Flow beserta sistem exhaust muffler Hi Power. Kemudian, intake udara Super Mega Flow yang punya diameter permukaan filter udara 30 persen lebih besar dari standar didandani dengan elemen filter warna limited sunset orange mobil Mazda 6 yang punya sistem 2 layer wet.

Sementara itu, HKS Hi Power
Mazda yang didesain untuk mesin turbo menawarkan spek pipa stainless SUS304 yang punya desain diameter pipa 75 mm dan diameter lubang muffler 120 mm. Fungsinya untuk mengoptimalkan kelancaran saluran pembuangan agar respons tekanan boost menengah yang lebih baik.

Belum puas dengan penambahan komponen performa, Mr X memasang komputer A'PEXi Power FC yang punya khas sistem stand alone. Kelebihannya bisa mendongkrak tenaga mesin yang sudah dijejali produk HKS mencapai 456 dk.

http://otomotif.kompas.com/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment