Monday, July 13, 2009

MP3 Band Baru Mudah Didapatkan

Sepanjang tahun 2007 hingga pertengahan tahun ini, telinga masyarakat pecinta musik Indonesia semakin dimanjakan oleh kehadiran lagu-lagu band lokal bernuansa baru, yang dibawakan oleh grup-grup group band lokal baru, dengan karakter dan konsep musik yang berakar dari kentalnya sikap serta semangat berkreasi dari anak-anak muda.

Minat generasi muda bangsa untuk membentuk group band, dari tahun ke tahun, terus mengalami peningkatan. Dalam 2 tahun terakhir, ada lebih dari 2100 group band baru telah terbentuk di seluruh Indonesia.

Band-band indie baru tersebut mengusung aliran-aliran musik hardcore, slow rock, rock alternatif, reggae, jazz, pop, pop alternatif, dan pop kreatif.

Terbentuknya suatu band indie, cenderung bermula dari adanya kesamaan minat serta rasa kecintaan sekelompok anak muda yang terikat tali pertemanan, pada suatu aliran musik tertentu. Namun ada juga sejumlah group band lokal lain yang terbentuk setelah melalui proses pencarian bakat pada suatu event musik.

Adanya kesamaan minat serta kecintaan pada musik, membuahkan sikap kreatif dari para personel band indie lokal yang baru terbentuk untuk menciptakan lagu dan aransemen musik yang sesuai dengan aliran musik yang mereka usung.

Tidak sedikit dari lagu-lagu yang dibuat oleh personel band indie lokal baru itu, yang kemudian dicoba untuk ditawarkan pada industri rekaman. Penawaran hasil karya cipta mereka tersebut, dilakukan sebagai upaya untuk mencari popularitas atau menjadikan kehidupan bermusik sebagai sebuah sumber penghasilan.

Meskipun demikian, tidak sedikit pula dari group band lokal baru tersebut yang dibentuk hanya untuk menyalurkan bakat mereka dalam bermusik, dan bukan untuk mencari popularitas.

Kreativitas anak-anak muda yang membentuk grup band lokal Indonesia ini, memang hanya sebagian kecil saja yang berhasil mencapai tangga popularitas karena industri rekaman bersedia untuk memproduksi karya band lokal Indonesia secara massal dalam bentuk kaset atau CD.

Memang tidak secara otomatis, grup band-grup band yang baru pertama kali masuk dapur rekaman, langsung meraih popularitas. Sejumlah grup band yang telah berhasil masuk dapur rekaman, tingkat popularitas nama grup band mereka hanyalah sebatas : dikenal namun tidak terlalu terkenal.

http://www.bengkelmusik.com/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action

No comments:

Post a Comment