Tuesday, July 21, 2009

Pariwisata Religi di Surabaya

Surabaya juga memiliki tempat-tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah :

Masjid Al-Akbar
Masjid Al-Akbar terletak di Pagesangan dekat jalan tol Surabaya-Gempol yang termasuk wilayah Surabaya Selatan, merupakan masjid terbesar di Surabaya dengan arsitektur yang unik dan modern. Untuk sampai ke sini bisa menggunakan angkutan sendiri maupun jasa
car rental Surabaya.


Masjid Ampel

Ampel adalah sebuah kawasan di bagian utara Kota Surabaya dimana mayoritas penduduknya merupakan etnis Arab. Di kawasan ini kental dengan suasana Timur Tengah dan pasarnya menjual barang-barang dan makanan khas Timur Tengah.

Pusat kawasan Ampel adalah Masjid Ampel yang terletak di Jalan Ampel Suci 45 atau Jl. Ampel Masjid 53 dan didirikan pada abad ke-15. kawasan Ampel merupakan salah satu daerah kunjungan wisata di Surabaya. Banyak juga angkutan berupa
Surabaya car rental datang ke tempat ini.


Masjid Cheng Ho
Eksistensi masjid ini lahir dari inisiatif tokoh-tokoh PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia). Masjid Cheng Ho dibangun di komplek PITI, JL. Gading Surabaya. Layaknya bangunan khas Tiongkok, maka warna merah dan kuning emas mendominasi bangunan masjid.


Namun demikian, masjid ini terbuka bagi semua kegiatan masyarakat muslim. Bentuk masjid yang jadi acuan adalah masjid Niu Jie di Beijing yang dibangun pada tahun 996 masehi. Sedang nama masjid, Masjid Muhammad Cheng Ho, terilhami dari nama Cheng Ho (panglima perang) yang kemudian menjadi penyebar agama Islam yang dakwahnya sampai ke Indonesia.


Masjid Kemayoran

Terletak di JL. Kemayoran, Masjid Kemayoran sampai dengan tahun 1905, merupakan masjid terbesar pertama di Surabaya. Masjid ini dibangun 1844-1848 dengan gaya arsitektur Jawa Kuna. Masjid Kemayoran adalah ide warga dari Belanda JWB. Wardinaar (1786-1869). Dengan sarana transportasi kita bisa mengunjungi tempat ini misalnya dengan menggunakan
rental car Surabaya, angkutan pribadi, bus, dll.


Pura Jagad Karana

Pura Jagad Karana terletak di JL. Gresik-Surabaya. Pura Jagad Karana ramai dikunjungi umat Hindu umumnya pada hari sabtu malam, Galungan, Kuningan, Nyepi, Saraswati, dan lain sebagainya. Bentuk pura Jagad Karana ini dikelilingi oleh benteng yang cukup tinggi. Dan Pura Jagad Karana dibangun di atas tanah lapang dimana tanah sekitarnya telah dipaving sebagai tempat ibadah umat Hindu.


Klenteng Hong Tiek Hian
Surabaya juga memiliki klenteng tertua yakni Klenteng Hong Tiek Hian yang dibangun oleh tentara Tartar pada jaman Khu Bilai Khan pada awal pendirian kerajaan Majapahit. Klenteng Hong Tiek Hian atau Klenteng Dukuh terletak di Jl. Dukuh GG II/2 dan JL. Dukuh no. 23/I.


Gereja Katholik Kelahiran Santa Perawan Maria
Bentuk bangunannya yang artistik dan bergaya ghotik merupakan perpaduan arsitektur yang sangat menarik dan unik di kalangan arsitektur bangunan. Gereja Katholik kelahiran Santa Perawan Maria merupakan gereja yang cukup tua di Kota Surabaya.

www.surabaya.go.id

Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment