Friday, July 17, 2009

Penakluk Medan Aspal Dan Offroad

SUV kini makin populer dan kandidat terkuat untuk menggeser dominasi MPV di Indonesia. Alasan utamanya, adalah kemampuan SUV di rental mobil Pontianak dalam menaklukkan medan aspal sekaligus off road. Derni memuaskan konsumen, baik importir umum maupun ATPM berlomba menawarkan produknya. Salah satu varian yang disodorkan yakni SUV bermesin diesel turbo.

Bahkan, pihak importir umum atau ATPM banyak mendatangkan mobil bermesin diesel secara utuh atau completely built up (CBU), karena harganya kompetitif dan terjangkau. Jadi, membeli mobil itu hal mudah, tetapi merawatnya adalah soal lain. Namun, untuk merawat mesin diesel mobil CBU di rental mobil tidaklah terlalu sulit dan tak perlu ke bengkel.
Hal yang terpenting yakni berhati-hati melakukan pemeriksaan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam merawat mesin diesel mobil Pontianak CBU untuk bisnis rental mobil antara lain:

* Pada umumnya, mesin mobil Pontianak diesel mobil CBU menggunakan diesel turbo dan berbahan bakar solar.Untuk itu, yang perlu diperhatikan adalah isi dari solar tersebut. Sebab, mutu solar yang tersedia sering tidak murni atau telah bercampur air. Kualitas isi solar itu menjadi penyebab utama gangguan pada mesin di esel mobil CBU, di samping akan berpengaruh pada pembakaran di mesin, termasuk kinerja pelumas. Untuk mengetahui kandungan air pada solar, Anda dapat melihatnya dari sensor indikator yang ada di dasboard. Bila lampu merah menyala, itu berarti kandungan air pada solar banyak, dan harus segera dikuras agar tidak menimbulkan gangguan pada komponen mesin lain. Karena itu, pilihlah tempat pengisian bahan bakar (SPBU) yang memiliki solar murni.

* Rajin memperhatikan oli mesin. Sebab, peranti turbo membutuhkan oli sebagai media pendingin. Untuk itu, sebaiknya memakai performance engine oil berkode CF (standar API) atau A2 dan B3 (ACEA), lakukan penggantian oli mesin minimal 40.000 km.

* Untuk memperoleh tarikan diesel menjadi kencang biasanya di lakukan tune up. Untuk mobil CBU non solar, caranya dengan memperbesar curah bensin di karburator dan injection. Namun, untuk mesin diesel mobil CBU di rental mobil Pontianak justru kebalikannya, bila curah solar diperbesar laju mobil akan melambat dan memproduksi panas yang berlebihan.

* Periksalah, apakan mesin mudah cepat panas? Bila mesin cepat panas, kemungkinan besar dikarenakan filter pada penyaring udara tersumbat. Untuk mengatasinya, yakni bersihkan penyaring udara minimal sebulan sekali, agar tidak banyak kotoran yang menyumbat. Cara membersihkannya dapat menggunakan alat vacum.

* Pasanglah safety kit yang berfungsi mendeteksi lebih awal panas mesin. Piranti ini biasanya ditempatkan di radiator sebagai sensor panas untuk air dan sensor oli untuk mengetahui tekanan panas di oli.

* Selain itu, pasanglah dieksos (tempat gas buang), karena piranti ini cukup bermanfaat untuk mengetahui penyebab kerusakan lebih dini.

Jadi, merawat mesin diesel mobil CBU di rental mobil sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan Anda rajin melakukan pemeriksaan rutin dan memberi perhatian. Namun, jika malas melakukan perawatan rutin, maka jangan heran apabila mesin diesel mobil CBU Anda untuk bisnis rental mobil tiba-tiba mogok di jalan. (REDI MULYADI)

http://cyberman.cbn.net.id/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment