Thursday, July 2, 2009

Profesi Badut dan Jasa Sewa Badut

Profesi Badut di Jakarta cukup diperlukan. Selain untuk mengisi Pesta Ulang Tahun anak-anak, juga mengajak tertawa seluruh hadirin.

Namun kini, tatkala harga bahan bakar minyak naik hingga berimbas pada melonjaknya harga kebutuhan hidup dan transportasi sehari-hari yang mencekik leher, para Badut harus bekerja lebih keras untuk membuat orang bisa tertawa.

Di tengah-tengah tekanan hidup yang luar biasaĆ¢ ”akibat menurunnya daya beli masyarakat seakan-akan kehilangan rasa humor dan sulit tertawa. Mungkin saja kehadiran badut-Badut Pesta yang benar-benar Badut Maskot itu bisa menjadi penawar stres sesaat.

Tidak gampang membuat orang tertawa, apalagi dalam situasi serba sulit sekarang ini. Tapi, bagaimanapun badut itu sendiri sudah lucu dan orang yang melihat akan terhibur dengan ulah badut yang suka ngebanyol, kata Taufiq (35) selaku party organizer mendampingi pemimpin Sanggar Badut Pratama Jaya Entertainment, Yeni Marleni (30), yang juga istrinya ketika ditemui Kompas di rumah kontrakannya, di Jalan Mawar, Bintaro, Jakarta. Lihat Sewa Badut Ulang Tahun dan Badut Ulang Tahun Anak.

Sang badut, Andreansyah (21), asal Lampung yang sejak tiga bulan lalu bergabung dengan Sanggar Badut Pratama Jaya Entertainment, mengatakan tidak ada pendidikan secara khusus menjadi badut. Saya belajar dari badut-badut senior. Sebelum bergabung dengan Sanggar Badut Pratama Jaya, saya berkali-kali pindah sanggar badut, ujarnya.

Dia mengaku, sekarang ini dirinya lebih menekuni badut humor Ulang Tahun atau badut make up yang juga merangkap sebagai pembawa acara atau MC karena honornya jauh lebih besar daripada badut karakter.
Kalau badut karakter (Sewa Badut) hanya say hello saja dan menemani anak-anak, lalu foto bersama. Beda dengan badut humor (Badut Ulang Tahun) yang mau tidak mau harus bisa menghibur dan membuat orang lain tertawa, kata Taufiq menimpali.

Satu minggu dari profesinya sebagai badut humor, Andre dapat job mbadut tiga-empat kali dengan bayaran sekali mbadut Rp 70.000-Rp 75.000. Orderannya gede, ya dapat honornya gede. Standarnya antara Rp 70.000 hingga Rp 75.000, ujarnya menjelaskan.

Sebaliknya, honor badut karakter yang biasanya memakai kostum tokoh kartun, seperti Miki Tikus dan Dora, berkisar Rp 30.000-Rp 40.000.

Bagi sanggar badut, pada bulan puasa seperti sekarang ini adalah masa paceklik tanggapan. Jika saja ada job, itu pun hanya satu-dua. Sebelum bulan Ramadhan, banyak warga yang memesan badut sehingga sebagai penyelenggara badut (Pesta Ulang Tahun) sering kewalahan.

Kini, profesi badut-badut Jakarta tidaklah ringan. Pasalnya, untuk bisa membuat orang tertawa di tengah-tengah impitan ekonomi yang serba sulit seperti sekarang ini, tentunya dibutuhkan energi kreatif dari sang badut agar orang bisa memelihara tertawa...!

www2.kompas.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Sewa Badut - Badut Maskot - The Clown - Badut Pesta - Ulang Tahun - Pesta Ulang Tahun - Ulang Tahun Anak - Sewa Badut Ulang Tahun - Badut Ulang Tahun - Badut Ulang Tahun Anak - Badut di 88db.com

No comments:

Post a Comment