Thursday, July 16, 2009

Ragam Jenis Diet

* Diet rendah kalori rendah karbohidrat
T
idak berarti orang lantas tidak makan semua jenis karbohidrat. Asupan karbohidrat hanya dikurangi untuk diet sehat ini. Konsumsilah beras merah atau roti gandum untuk program diet alami. Asupan protein dan lemak tetap diperhatikan, namun tidak terlalu tinggi.

* Diet rendah kalori tinggi protein
Bagi yang ingin melakukan program diet ini, dia harus benar-benar fit, terutama ginjal dan lever. Jika tidak, organ tubuh akan makin terbebani dan kondisi tubuh justru melemah. Program diet sehat ini banyak mengonsumsi protein, seperti daging atau telur.

* Diet rendah kalori rendah lemak
Orang dengan diet sehat seperti ini harus pintar-pintar menghitung asupan kalori. Semua jenis makanan diet alami biasanya dikonsumsi, hanya saja dikurangi kalori dan lemak. Perlu diingat, satu gram lemak sama dengan sembilan kalori. Program diet alami jenis ini memang tidak bisa berlangsung dengan cepat, paling-paling dua kilogram sebulan. Namun, diet ini sudah cukup jika dilakukan secara konsisten.

* Diet rendah kalori tinggi lemak dan protein
Di sini yang dilakukan adalah mengurangi asupan karbohidrat. Diet alami ini akan berlangsung lebih lama lagi, itu pun jika orang yang berdiet mampu makan sedikit nasi atau bahkan tidak sama sekali.

* Food Combining
Cara program diet ini adalah mengatur pola makan yang melibatkan teori asam dan basa, juga PH netral. Meskipun semua makanan bisa dipilih, baik karbohidrat, protein, maupun lemak, biasanya jenis makanannya tetap harus diatur. Misalnya, makan pagi hanya dengan buah-buahan atau susu kedelai, lalu siang dengan nasi tiga sendok dipadu sayur mayur dan tempe-tahu. Makan malam, karbohidrat juga dikurangi. Meski bisa menurunkan berat badan cukup lumayan, sampai sekitar lima kilogram sebulan, namun cara program diet sehat ini cukup rumit.

http://www.depkes.go.id/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment