Monday, July 27, 2009

Rumitnya Menjelajah Dunia Maya Di Mobil

Berinternet-ria di mana dan kapan saja sekarang ini sudah biasa. Namun “surfing” automotive service atau menjelajah dunia automotive directory maya sembari “nyetir” jelas tidak mungkin. Pasalnya, untuk menghubungkan komputer dengan situs directory service yang diinginkan atau mencari automotive information lain, dibutuhkan pengoperasian hardware (komputer dan modem) serta peranti lunak (sistem operasi) yang cukup merepotkan.

Bertolak dari kondisi tersebut, Mercedes-Benz (MB) – produsen mobil premium terkenal di dunia - kini sedang berusaha membuat orang nanti bisa ber-internet-ria sembari mengemudi. Tepatnya, sebuah mobil nantinya sudah dilengkapi dengan peranti yang siap dihubungkan ke jaringan internet global. Mercedes-Benz menamakannya peranti tersebut “myCOMMAND”.

Melalui Tombol - Meski myCOMMAND dalam tahap riset, namun MB sudah memamerkannya di Los Angeles Auto Show yang masih berlangsung saat ini.
Kecanggihan myCOMMAND, untuk menjelajah dunia directory information maya cukup dengan menggunakan tombol putar (rotari) dan layar LCD resolusi tinggi. Di samping itu, begitu mesin mobil dihidupkan, komputer di mobil ini akan langsung melakukan “up-date” data automotive service dan informasi automotive directory. Karena itulah pula MB menyebutnya “user friendly” telematika. Intinya, myCOMMAND adalah peranti infotainment berbasis internet.

Keunggulan sistem tersebut, semua data directory service dan automotive information terkini bisa diakses secara langsung tanpa harus meng-“install” sistem operasi atau meng-“ up-date”-nya.
Semua fungsi dipusatkan pada satu interface atau penghubung yang dirancang dengan penampilan atraktif, mudah digunakan dan intuitif. Soalnya keamanan data directory information, justru ini dinomorsatukan.

MyCOMMAND tidak hanya menawarkan berbagai opsi menarik, juga dirancang dengan operasional yang atraktif dan intuitif. Layar monitor resolusi tinggi dan terang dipasang di tengah-tengah dasboard. Layar ditempatkan pada posisi yang pas sehingga pengemudi bisa melihatnya secara mudah dengan posisi duduk tetap ergonomis. Dengan demikian, mata pengemudi tetap fokus ke jalan atau situasi lalu lintas di depannya.

Layar monitor menayangkan informasi dengan gambar bola dunia. Fungsi-fungsi dapat dipilih dengan memutar bola dunia melalui tombol putar atau rotari. Bila tombol itu ditekan, akan muncul menu di latar-depannya dengan berbagai pilihan.
Desain menu, bola dunia, tidak hanya sebuah highlight optik, cara pengoperasiannnya juga menarik . Gerakan putar tombol sinkron dengan gerakan menu. Di samping itu, juga ada tombol “back” , fitur untuk memperbaiki kesalahan secara cepat.

Tak kalah menarik, MB berencana menggunakan LINGUATRONIC atau pengopeasian myCOMMAN melalui suara. Dengan ini diharapkan, ber-internet-ria di mobil menjadi optimal dan menyenangkan. Untuk mengujudkannya, para ahli di MB butuh beberapa tahun lagi dan segara dipasang pada produk massalnya.

http://otomotif.kompas.com/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment