Thursday, July 2, 2009

Sekilas Website Desain

Lagi-lagi berawal dari email masukan Anda, beberapa email yang masuk ke mailbox saya mengeluhkan kalau ia adalah pendatang baru dalam dunia Website Desain, ketika ia membaca artikel di desain Web hanya beberapa artikel saja yang ia mengerti. Email yang lain, mengatakan bahwa ia sangat ingin menjadi desainer Web, namun apa yang harus ia pelajari untuk menjadi apa yang ia inginkan.Kolom ini dibuat untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar profesi Website Desain dan sebagai tuntunan bagi para pendatang baru baik yang baru belajar atau Kursus Desain agar dapat secara jelas memahami cakupan kerja desainer Web.

Untuk bahasan pertama, kita akan membahas apa itu Website desain. Silakan lihat beberapa definisi yang terdapat pada beberapa glossary di Internet yang mendeskripsikan apa itu desain Web:?

Web Design is the art and process of creating a single Web page or entire Web sites and may involve both the aesthetics and the mechanics of a Web site’s operation although primarily it focuses on the look and feel of the Web site. Some of the aspects that may be included in Web design or Web production are graphics and animation creation, color selection, font selection, navigation design, content creation, HTML/XML authoring, JavaScript programming, and ecommerce development. Web design is a form of electronic publishing.? – http://desktoppub.about.com/cs/basic/g/webdesign.htm

Tugas seorang desainer Website secara umum adalah menentukan ?look and feel? dari sebuah situs Web. Secara langsung atau tidak, kita harus menguasai dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan tampilan dari sebuah situs Web. Seorang desainer Web harus pula memahami penerapan aspek-aspek yang terdapat di dalam Desain Situs Web, walaupuan tidak menguasai. Seperti halnya Java Script, kita tidak wajib mengetahui dan mampu membuat Java Script sendiri untuk kebutuhan desain, namun bagaimana dan estetika penerapan Java Script pada Desain Situs akan sangat menguntungkan bila kita memahaminya.

Dalam membuat website, seorang desainer Web menentukan aspek-aspek desain yang diperlukan seperti pemilihan Font, warna, tataletak, dan lainnya. Tugas seorang desainer Web tidaklah semudah yang dibayangkan, penguasaan software-software grafis dan animasi dan HTML authoring saja tidak cukup untuk membbuat website yang baik. Banyak hal yang harus menjadi pertimbangan, terlebih bila dihadapkan dengan keinginan Klien, kita akan dihadapkan dengan kepuasan klien. Terkadang idealisme kita sebagai desainer Web akan kalah dengan idealisme klien. Ha..ha.. itu hal yang wajar bukan.

designmagz.com

Temukan informasi lainnya mengenai Website Desain - Buat Website - Desain Situs - Kursus Desain - Website pada 88db.com

No comments:

Post a Comment