Tuesday, October 13, 2009

Mencoba Bisnis Cuci Mobil

Mencuci mocil bagi sebagian orang adalah merepotkan. Hal ini menjadi kesempatan kita untuk menawarkan mencucikan mobil mereka ini dan menjadikannya menjadi sebuah peluang usaha dan peluang bisnis. Hanya dibutuhkan modal sedikit dan pengelolaan yang tidak rumit bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk memperhitungkan bisnis washing cars ini sebagai alternatif.

Kita membutuhkan minimal dua orang pegawai untuk menjalankan bisnis ini bila kita sendiri tidak terlibat didalamnya.

Target Pasar

Target pasar kita adalah pemilik mobil, baik yang baru membeli mobil (buy car), apalagi yang sudah lama mempunyai mobil, khususnya yang tinggal di sekitar tempat tinggal kita.

Hal-hal Yang Dibutuhkan

Bisnis ini membutuhkan tempat, paling tidak cukup untuk mobil. Juga kita harus persiapkan peralatan pendukung seperti kompresor, kain lap, selang air dan lain-lain.

Untuk pegawai, tidaklah terlau sulit mencarinya karena tidak diperlukan keahlian khusus. Tetapi meskipun demikian, harus kita memilih karyawan yang mau bekerja keras dan tidak malas. Sebagai imbalan, bisa kita memberikan gaji, atau upah per mobil dan sepeda motor yang selesai dicuci.

Kendala

Tidak begitu banyak kendala dalam melakukan usaha ini kecuali persaingan, karena tetap banyak orang yang tidak ingin repot mencuci sendiri kendaraan mereka.

Tips

Kualitas kebersihan hasil cucian kita akan menjadi pertimbangan utama bagi para pelanggan. Jika kualitas kebersihannya dinilai kurang memuaskan maka mereka bisa mencari alternatif lain. Dan jika memang memuaskan maka mereka akan terus menggunakan jasa kita dan bahkan mempromosikannya ke kawan-kawannya yang lain.

Sebagai penghargaan kepada konsumen dan dalam rangka menarik pelanggan lebih banyak lagi, maka kita bisa memberi bonus/hadiah seperti misalnya setelah sepuluh kali cuci, akan mendapatkan gratis sekali cuci. Hal ini bisa kita tempuh dengan memberikan semacam tanda terima khusus sebagai bukti.

Bahkan kalau sudah maju bisa mengembangkan lebih lanjut, misalnya dengan promosi online melalui desain web yang menarik. Tapi mulailah mencoba merintis usaha ini. Semoga bermanfaat!

http://jimmykurniaindradjaya.com

No comments:

Post a Comment