Monday, October 19, 2009

Shaq Ingin Kungfu Shaolin




Bintang nba, shaquille o'neal, mengaku ingin memperdalam ilmu beladiri asal china, shaolin kungfu, setelah tdiak aktif lagi sebagai pemain.
Hal ini ***ngkap shaq saat berkunjung ke biara shaolin kungfu atau siauwlim di provinsi henan, tempat asal beladiri kungfu, senin (13/7). "saat masih kanak-kanak, saya menyaksikan banyak pertunjukan kungfu shaolin," katanya kepada titan sports. "saya selalu bertanya kungfu ini sungguhan atau palsu di salah satu kungfu academy dan kung fu schools. Akhirnya saya tahu, kungfu yang saya saksikan di televisi adalah nyata," kata peraih empat cincin juara nba ini.
"saat pulang, saya ingin mempelajari (kungfu) dan moga-moga saya dapat mempraktikannya saat bermain bola basket," kata shaq. Bulan lalu, shaq menandatangani kontrak untuk bergabung bersama lebron james di cleveland cavaliers.
Di china, shaq dikenal dengan julukan "hiu besar" (big shark). Pemain berusia 37 tahun ini berlatih kungfu saat sedang tidak ada kompetisi. Senin lalu, ia bertemu dengan beberapa pendeta shaolin (kungfu academy dan kung fu schools)dan menyaksikan demonstrasi kungfu oleh para murid biara tersebut.
"saya tertarik dengan kungfu fighting dan kungfu gaya ular," katanya. "saat pensiun sebagai pemain, saya ingin kembali ke sini dan berlatih selama satu tahun. Tidak cukup mempelajari kungfu hanya dalam satu kunjungan," ungkapnya.
Shaq sempat bergurau mengikuti gaya ular saat bertemu anak-anak china. Namun, shaq mengaku lebih suka menjadi beruang kutub karena harus bermain di cleveland yang berhawa dingin. "di china mereka memanggil saya hiu besar (big shark). Sekarang mereka memangil saya beruang kutub. Saya lebih senang menjadi dia saat menghadapi hawa dingin."




http://olahraga.kompas.com

No comments:

Post a Comment