Wednesday, November 4, 2009

Kiat Menjadi Management Artis Profesional



Maraknya industri entertainment & musik ditanah air, menjadikan bisnis artist management menjadi sesuatu yang fenomenal dan luar biasa besar tingkat pertumbuhannya, dibuktikan dengan semakin maraknya industri entertainment & musik yang membutuhkan jasa para pebisnis manajemen artis.
Dan untuk menjalankan bisnis management artis ini dengan baik, tentu tidaklah mudah dikarenakan banyak faktor pendukung yang harus diperhatikan bagi para pemula atau bahkan bagi para manager artis yang telah menjalankan bisnisnya. Ada beberapa faktor pendukung yang harus diperhatikan secara khusus.
Berikut sebagian kecil tips buat loe2 untuk memulai atau menjadi management artis, sama seperti pebisnis pada umumnya yaitu :
A. Konsep / model bisnis.
B. Product.
C. Networking.

Ketiga tips diatas adalah merupakan hal-hal penting yang harus diperhatikan untuk mengawali / bahkan mempertahankan bisnis suatu bisnis.
Dengan konsep/ model bisnis yang baik & benar para manajemen artis akan lebih mudah mengatur keseluruhan operasional & visi usahanya dikarenakan bisnis ini rentan dengan waktu. Salah satunya ialah selalu mengikuti perkembanganindustri entertainment & musik [ secara khusus ] adalah mutlak bagi para artis management. Model bisnis dapat dikonsep secara sederhana namun profesional dengan mengandalkan perform kit marketing yang baik [ menimbulkan image management-nya].
Faktor kedua adalah product artisnya pun harus menunjang sehingga dapat menunjang kapabilitas management indonesia artis. Faktor inilah sebenarnya yang juga memiliki impact yang besar dalam perkembangan bisnis artis management. Sudah tentu pastinya akan lebih baik ketika kita bisa mendapatkan artis / talent yang baik, bagus & menjual. Nilai artis inilah yang bisa menjadi pedoman bagi para artis management dimana harus jeli dalam menganalisa & mengukur artis manakah yang dapat bertahan lama di industri ini dengan image yang baik tentunya. Masa seorang talent / artis memiliki tingkat fluktuatif yang cukup beresiko. Ada masanya ketika faktor luck yang bagus dari artis itu sendiri dapat meledakkan omset atau ada masa surut ketika sang artis mulai tidak laku lagi sehingga harus di re-package kembali. Adalah tugas seorang artismanagement inilah untuk mepertahankan masa-masa baik produknya.
Faktor ketiga adalah networking dimana sang management indonesia artis harus mutlak memiliki network / jaringan yang luas agar dapat dengan mudah menjual & mempromosikan produk artisnya secara umum. Untuk itulah sang artis management juga harus memiliki fighting spirit yang tinggi untuk mengkonsep produk artisnya agar laku dipasaran. Karena apapun productnya pasar / buyers (penikmat musik) yang berkuasa.[managerartis]



Http://simphonymusic.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment