Monday, November 30, 2009

Kiat Transaksi Belanja Online dengan Aman

Seiring dengan perkembangan internet di Indonesia, maka tak heran kalau toko online sekarang ini semakin marak aja. Misalnya toko pakaian online, dan sebagainya. Tapi tak jarang juga yang memanfaatkan keadaan demikian untuk mengaruk keuntungan diri sendiri. Artinya seseorang tersebut mempunyai toko online tapi ketika kita mau membeli dan melakukan transaksi dengan menyetor sejumlah uang yang diminta, tapi barang yang kita beli tak pernah kunjung tiba.

Nah, untuk mengantisipasi hal yang demikian, ada sedikit beberapa tips belanja online untuk anda:


1. Waspadai belanja pada toko online yang menggunakan hosting atau nama domain yang gratisan.


2. Ketika melakukan orderan, pastikan toko online tersebut mempunyai nomor telepon, dan alamat yang jelas.


3. Perhatikan garansi barang tersebut.


4. Pastikan bahwa barang yang di kirim di garansikan hingga sampai ke alamat kita. Artinya kita sipembeli tak mau tau dengan kehilangan barang di tengah jalan.


5. Baca privasi polici toko online tersebut.


6. Pastikan bahwa barang semisal
pakaian online yang kita beli sesuai dengan keperluan kita. Makanya sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu barang, baca dulu kriteria kriteria dan spesifikasi barang tersebut.


7. Kalau melakukan transferan ke nomor rekening BANK yang di tunjuk si penjual, agar pemrosesan cepat, maka tambahkan nomor atau angka ganjil di belakang jumlah transferan. Misalnya kita di minta menyetor uang Rp200.000, maka agar kita cepat di kenal silahkan melakukan transferan Rp200.085.


8. Jangan tergiru dengan harga yang murah meskipun sama merknya cek dulu tempat toko tersebut dan pertimbangkan biaya pengirimanya misalkan : toko a menjual barang 900ribu, toko b 875ribu tapi bila ternyata toko b diluar propinsi dan Ongkir lebih mahal dan toko A 1 propinsi bisa dihitung marginnya + ongkos kirim.


http://duwex.wordpress.com

No comments:

Post a Comment