Wednesday, November 4, 2009

Memiliki Arsitektur Desain Sendiri





Memiliki
arsitektur desain rumah yang bagus dan sesuai selera serta gaya hidup, tentulah dambaan semua orang. Hal seperti itu belum tentu bisa diwujudkan apabila kita membeli rumah jadi. Sebab membeli rumah jadi berarti kita memakai desain dan konsep orang lain. Belum tentu desain tersebut sesuai dengan keinginan dan gaya yang kita miliki. Lalu bagaimana agar bisa memiliki rumah yang menjadi idaman kita? Caranya dengan mengonsep, mendesain, dan membangun sendiri sebuah rumah.

Untuk itu diperlukan perancang bangunan (arsitektur desain) yang bisa mentransfer ide dan keinginan kita ke dalam sebuah rancangan bangunan atau design architecture. Dengan memilih seorang arsitek yang benar-benar berkualitas, gambaran tentang sebuah rumah ideal yang ada dalam pikiran kita bisa menjadi kenyataan.

Seorang arsitek design architecture bertugas merancang segala sesuatu yang berkaitan dengan rancang bangunan hingga akhirnya menjadi sebuah bangunan. Di sini sudah termasuk proses pengawasan hingga bangunan jadi.

Tugas arsitek desain interior bermula dari permintaan atau pesanan klien. Mereka kemudian mengonsep permintaan dan keinginan klien itu ke dalam sebuah rancangan yang didasarkan pada standardisasi ilmu arsitektur. Pada proses ini arsitek akan memberikan saran kepada klien tentang bentuk bangunan yang sesuai dengan keinginan dan kondisi tekstur tanahnya.

Ketika hasil rancangan tersebut disetujui oleh klien desain eksterior, maka ada kontrak kerja dengan klien guna memvisualisasikan rancangan itu hingga menjadi sebuah bangunan utuh. Pada kontrak tersebut tertera segala aturan main mengenai proses pembuatan bangunan atau desain eksterior.

Memilih arsitek yang bisa menerjemahkan keinginan kita tentu tidak mudah. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum memilih arsitek yang akan mengonsep rumah atau bangunan anda.

1. Kenali gaya-gaya arsitektur untuk diwujudkan dalam rumah anda. Anda bisa memilih gaya global, seperti gaya eropa, timur tengah, atau gaya jawa khas dengan bentuk pendoponya, dan sebagainya.
Setelah menentukan gaya apa, barulah anda memilih seorang arsitek yang bisa menerjemahkan kemauan dan gaya yang anda tentukan tadi. Makin jelas keinginan dan gaya yang anda kehendaki, makin mudah bagi arsitek untuk mewujudkannya dalam sebuah rancangan bangunan.
2. Setiap arsitek eksterior bangunan, khususnya yang sudah berpengalaman, akan memiliki gaya dan kekhasan tersendiri yang menjadi trade mark-nya. Kenali karya-karya arsitek yang hendak anda pilih. Tentukan pilihan pada arsitek yang memiliki gaya sesuai dengan keinginan dan gaya yang anda miliki. Kesesuaian ini akan makin memperbesar kemungkinan terwujudnya gaya rumah impian anda.
3. Arsitek eksterior bangunan yang baik akan berusaha semaksimal mungkin menerjemahkan keinginan dan gaya anda ke dalam sebuah rancangan. Jika anda sudah memutuskan untuk memilih seorang arsitek, maka pada proses berikutnya diperlukan diskusi dan kerja sama yang baik antara anda dengan sang arsitek. Sering-seringlah mengadakan diskusi dan tukar pemikiran agar arsitek benar-benar memahami apa yang menjadi keinginan anda.


Dikutip dari republika online

No comments:

Post a Comment