Tuesday, December 1, 2009

Membangun Bisnis Rental Studio dengan Budget Menengah



Dengan budget ini sebetulnya beberapa peralatan builtup alias bukan peralatan lisensi masih bisa. Mungkin bisa menggunakan Alat Band lisensi yang kualitasnya juga sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan penggunaan peralatan lokal. Seperti penggunaan alat band seperti ***ar samick, epiphone dan squier by fender yang baru. harganya masih dibawah 2jt-an per-item.

Alat band untuk ampli ***ar untuk head cabinet menggunakan amply ***ar laney extreme mxd 120 head cabinet yang cukup kaya dengan feature simulasi effect pada headnya dilengkapi dengan pemilihan 2 channel atara clean dan drive. rhytem masih bisa menggunakan jenis head cabinet dengan dipilihnya Ampli Hartke head Cabinet PiggyBack, ukurannya lebih pendek sedikit dibandin dengan extreme. Untuk bass gunakan bass Ashdown MAG300 atau Amply Bass Laney RB series.

Alat band untuk drum masih bisa menggunakan jenis Pearl export atau forum, bisa juga menggunakan pearl exr sereis atau premiere cabria. Untuk cymbal pakai saja ZBT, B8Pro dan paiste 3. Untuk Effect ***ar budget maksimal 2jt-an boleh lah, gunakan Line6 POD Floor atau effect second AX1500 bisa menekan harga lagi di bawah 2jt-an apalagi untuk yang second.

1 pasang speaker pasif + Power mixer 8 channel s/d 12 channel, kabel canare dan jack mono juga XLR. Budget segini ini yang seharusnya jadi pilihan. (kalau ada duidnya… kalo engga ? ya jgn maksain…)

3. Studio rental dengan budget tinggi alias emang modalnya gede dan orangnya bener-beneran dan aseli beneran serius ingin memulai usaha di bidang ini.

Alat band Gitar Lead menggunakan Ibanez RG Series, Rhytem bisa menggunakan Gibson atau fender, merk dan type tidak menjadi patokan, banyak ***ar-gitar dengan merk lain yang jauh lebih murah. Drum menggunakan Premiere Cabria atau Pearl EXR series (mungkin terlalu mewah untuk menggunakan Drum ayotte yang seharga 1 unit motor honda mega pro) Ada ide untuk menggabungkan antara ampli Rolland Jazz Chorus dengan Ampli Marshall Head Cabient JCM 900 pada posisi rhytem dan lead ? dan Ampli Bass menggunakan Amply Laney VX Series 5500 dan Cabinetnya VX810 dan pilihan lainnya menggunakan Amply Gallien Krueger 1001 RBII dengan Cabinet RBX 410-nya. Keyboard bisa menggunakan X5D atau X50 sesuai dengan selera, dengan harga yang masih terjangkau.

Sepasang Alat band speaker monitor aktif harga 6,2jt sepasang dan Mixer menggunakan Mackie CFX 16MKII yang sudah dilengkapi dengan equalizer dan echo vocalnya, jadi “mungkin” jika eq-nya kurang begitu “tajem” bisa ditambah dengan EQ janis 231. microphone lesscable 2 buah dan 1 set microphone wireless seharga dibawah 1,5jt bisa lebih memanjakan vocalis untuk lebih leluasa bergaya ketika latihan.

Dan akhirnya biasanya untuk Alat band budget sebesar ini mereka (yg membangun) ada maksud lain dengan mempersiapkan studio-nya ke fasilitas recording baik live ataupun “track”.

sampai di sini dahulu nanti dilanjutkan dengan postingan Membangun Rental Studio Musik dengan pembahasan pembuatan lapisan kedap suara dan instalasi kabel-kabel sound dan instrument.

gnamusic.wordpress.com

No comments:

Post a Comment