Monday, December 21, 2009

Mencuci Mobil Sendiri

Beberapa tips yang diberikan oleh sejumlah warga Amerika pencinta mobil dan pengamat otomotif untuk perawatan dan cuci mobil. Berikut tips mereka :

Cuci mobil saat keadaan dingin, semisal di pagi hari atau di sore hari. Panas terik akan menyebabkan bercak bekas air di permukaan mobil.

— Persiapkan alat-alat seperti: ember, sampo mobil, busa atau spons untuk bodi, busa atau spons untuk roda, sikat lembut dan lap kulit atau kanebo. Siapkan pula alat penyedot debu dan pengilap dasbor dan ban.

—Bersihkan terlebih dahulu bagian bawah mobil seperti dek, bagian dalam spakbor dan bagian dalam bemper. Bagian ini paling sering terkena kotoran, seperti lumpur, tanah dan aspal. Gunakan spons untuk bagian ini.

— Gunakan semprotan air yang tekanannya dapat diatur agar kotoran yang menempel mudah lepas.

— Setelah bagian bawah selesai, cuci bagian atas, dimulai dengan membasahi atap. Biarkan air mengalir ke seluruh bodi mobil.

— Ambil ember dan campurkan air dengan sampo khusus mobil, lalu gunakan busa untuk mulai mencuci bagian atas mobil.

— Lanjutkan ke sisi-sisi mobil yang lain.

— Segera bilas dan keringkan dengan menggunakan lap kulit.

— Dengan menggunakan penyedot debu, mulai lakukan penyedotan kotoran di bagian dek dan bangku serta interior lain. Usai semua, segera oleskan cairan pengilap pada dasbor dan roda.

www.jasaraharja.co.id

No comments:

Post a Comment