Thursday, January 28, 2010

Bahan Furniture yang Sesuai di Rumah

Setiap rumah tentu memerlukan furniture. Jumlahnya tentu tergantung dari kebutuhan, selera dan luas ruangan. Jenisnya untuk tiap pemilik rumah pun berbeda tergantung material, design dan harganya. Sebagian orang menyukai perabotan yang simple dan mungkin yang lain menyukai furniture yang antik dan mahal. Bagaimana dengan anda?

Jika anda mengunjungi toko furniture anda akan mendapatkan variasi bentuk dan material yang sangat beragam. Untuk itu kita perlu mengetahui bahan baku furniture yang akan kita pilih. Karena itu salah satu yang menentukan berapa harga yang harus kita bayar.


Furniture kayu


Material
design furniture yang paling tua dan paling umum digunakan untuk furniture sampai saat ini adalah kayu. Hampir semua jenis furniture dapat dibuat dari kayu. Kelebihan kayu adalah teksturnya yang bagus dan mudah untuk dibentuk. Bahkan kayu dapat kita ukir untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Finishingnya sendiri sangat beragam dari finishing yang menonjolkan serat kayu sampai yang tampilannya seperti metal ataupun plastik.


Harga furniture kayu pun sangat beragam tergantung bahan baku dan
design furniture. Misalnya kayu jati yang kita ukir terntu harganya bisa berkali-kali lipat dari furniture berbahan MDF.


Furniture Metal


Bahan metal seperti besi, aluminium atau stainless berkembang pesat sebagai bahan baku furniture modern dan kontemporer. Besi perlu di cat ataupun di coating untuk mengindari karat. Sehingga aluminium dan stainless lebih banyak digunakan. Bahan metal sangat kuat dan tahan lama. Biasanya bahan metal di kombinasikan dengan bahan furniture lain seperti plastik dan kayu. Bentuknya yang ramping membuat ruangan terasa luas. Cocok dipakai untuk interior maupun eksterior.


Furniture Plastic


Furniture berbahan plastic dicetak di pabrik dalam jumlah besar. Dulu kursi plastik hanya dipakai di warung-warung makan atau tempat pertemuan karena penyimpanannya dapat ditumpuk sehingga tidak makan tempat. Tapi dengan kemajuan teknologi dan design saat ini furniture plastik menjadi pilihan yang tepat untuk interior modern. Pemakaiannya sering digabungkan dengan stainless ataupun aluminium.


Furniture Rotan dan Bambu


Bahan baku Rotan dan bamboo banyak terdapat di Indonesia. Namun proses pembuatan rotan yang lebih rumit membuat harga furniture rotan lebih mahal. Bentuknya pun unik dan sangat disukai oleh orang eropa dan amerika. Furniture Rotan dan bambu kuat dan tahan lama tergantung material finishing nya.


Masih ada beberapa bahan furniture yang tidak begitu umum digunakan seperti enceng gondok, akar kayu, kain yang diisi, ataupun keramik. Namun apapun bahan furniture yang anda inginkan, pilihlah dengan hati hati. Jangan sampai anda menyesal setelah membeli.


www.rumahide.com

No comments:

Post a Comment