Thursday, January 28, 2010

Berbisnis Fotokopi dengan Differensiasi

Bisnis fotokopi di areal pemukiman mahasiswa memang sangat ketat sekali persaingannya. Harga memang tidak boleh lebih mahal dibandingkan dengan para pesaing lainnya. Diferensiasi yang paling menguntungkan adalah dalam hal pelayanan yang lebih cepat, ramah, bersih, hasil fotokopi jelas, dan bekerja secara efektif dan efisien. Seringkali kita saksikan, karyawan fotokopi bekerja sangat tidak professional, hasil fotokopi berserakan, pesanan ditinggal menumpuk bercampur baur dengan berbagai kertas. Tangan belepotan tinta toner, sehingga kotoran menempel di kertas fotokopi. Antrian pelanggan tidak diatur dengan baik, sehingga mereka saling serobot, wah pokoknya kacau sekali. Mesin jilid yang tidak terawat, dan sebagainya.

Agar bisnis fotokopi kita berbeda dengan pesaing lainnya, anda sebaiknya mengatur tata letak yang lebih baik, usahakan aliran pekerjaan dari pesanan, pekerjaan diproses sampai hasil fotokopi yang sudah jadi diatur secara efisien dan bersih. Pelanggan yang antri dilayani secara baik, jangan beri kesempatan pelanggan yang datang belakangan dilayani duluan. Karena hal ini akan menyebabkan kecewa pelanggan yang datang duluan.


Kualitas produk harus tetap dipertahankan, ganti mesin fotokopi yang sudah tidak baik,
mesin jilid berkualitas, beri jaminan kepada pelanggan untuk segera mengembalikan hasil fotokopi yang tidak jelas dengan fotokopi yang jelas secara gratis, pelayanan harus cepat, pekerjaan rapih, janji selesai tepat waktu, Insya Allah bisnis fotokopi anda akan berhasil dengan baik.


fraimarketing.com

No comments:

Post a Comment