Thursday, January 7, 2010

Harapan Untuk Panti Asuhan

* Adanya kebijakan pemerintah yang jelas untuk memperkuat pengasuhan berbasis keluarga untuk anak-anak yang rentan. Untuk anak-anak yang memerlukan pengasuhan dan perlindungan prioritas pengasuhan alternatif di keluarga besar atau di keluarga pengganti.

* Departemen Sosial, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Agama, dan instansi penting lainnya perlu bekerja bersama untuk memastikan bahwa keluarga-keluarga miskin dan rentan bisa mendapatkan bantuan langsung keuangan dan bentuk lain untuk menjamin pendidikan anak-anak mereka


* Pengaturan yang jelas bagi
panti asuhan harus dibentuk. Pengaturan tersebut harus mencakup standar-standar tentang pendirian panti asuhan, kualitas pelayanan yang harus disediakan, serta persyaratan operasional termasuk sistem perizinan (licensing).


* Adanya sistem pengumpuian data yang efektif tentang anak yang tinggal di panti asuhan untuk memberikan informasi yang akurat tentang keadaan anak-anak di panti asuhan.


* Mereview skema bantuan pemerintah ke
panti asuhan termasuk sistem subsidi BBM untuk memastikan bahwa Ini tersedia bersama dengan bantuan teknis agar panti asuhan mampu menerapkan standar pengasuhan anak


www.depsos.go.id

No comments:

Post a Comment