Friday, March 26, 2010

Cara Cepat Belajar Mandarin



Belajar suatu bahasa asing tidaklah semudah kita sewaktu masih kecil belajar bahasa ibu kita sendiri. Selain dipengaruhi oleh lingkungan kita berada, maka faktor yang lainnya pun bisa turut menunjang keberhasilan kita dalam menguasai bahasa asing.
Berikut di bawah ini ada beberapa tips untuk dapat belajar mandarin:
1. Jangan pernah ada rasa putus asa untuk belajar mandarin
ini adalah langkah awal untuk memulai belajar sesuatu, karena dengan demikian, segala sesuatunya akan dapat tercapai dengan baik. Begitu pula dengan belajar bahasa mandarin. Banyak orang akan merasa putus asa dan stress di saat pertama kali melihat huruf mandarin dan artinya, yang memang kebetulan bukan huruf abjad, seperti inggris atau indonesia yang mudah diejakan, klo masih belum lancar ikutin aja kursus mandarin. Dapat dikatakan huruf mandarin itu adalah huruf yang harus dihafalkan dan latihan menulis, tidak ada jalan lain. Tetapi, begitu kita dapat menghafalkan beberapa huruf dasarnya beserta artinya, maka untuk proses belajar selanjutnya akan terasa mudah. Oleh karena itu dibutuhkan ketekunan, kerajinan dan jangan pernah putus asa.

2. Jangan bosan-bosan latihan nada ucapan bahasa mandarin
nada ucapan bahasa mandarin itu terdiri dari 5 nada, yaitu nada pertama (tinggi dan panjang), nada kedua (menaik), nada ketiga (menurun sedikit kemudian naik), nada keempat (menurun dan singkat) dan nada kelima (netral). Umumnya yang dipakai adalah nada pertama sampai ke keempat. Masing-masing nada mempunyai arti tersendiri, sehingga jika ***capkan dengan nada yang salah, maka artinya pun akan membingungkan orang yang mendengarkannya. Untuk itu, janganlah bosan-bosan untuk latihan nada bahasa mandarin.

3. Sesering mungkin latihan mendengarkan bahasa mandarin
sering-seringlah mendengarkan bahasa mandarin, baik itu di film, lagu atau rekaman buku latihan pelajaran mandarin. Dengan demikian telinga kita akan terbiasa mendengarkan bahasa mandarin dan kemungkinan besar kita akan dapat mudah mulai mengikuti percakapannya.

4. Perbanyak latihan menulis huruf mandarin
sesulit apapun huruf mandarin, harus tetap sering latihan menulis. Semakin banyak kita latihan menulis, maka semakin mempermudah bagi kita untuk mengingat huruf mandarin dan bahkan artinya. Sebagai informasi tambahan, di dalam era komputersasi ini, maka sebagian besar orang menggunakan komputer untuk mengetik mandarin, jadi tidak sedikit juga orang yang tidak bisa menulis huruf mandarin dengan menggunakan tangannya sendiri.

5. Hafalkan dan latihlah pemakaian susunan pola kalimat bahasa mandarin
susunan pola kalimat bahasa mandarin, tidaklah sesulit inggris yang banyak sekali "tenses". Dalam bahasa mandarin coba deh cek di kursus mandarin, dapat dikatakan tidak ada "tenses" dan sebagian besar susunan pola kalimat bahasa mandarin itu hampir sama dengan bahasa indonesia, sehingga sangat mudah untuk dipelajari


Http://belajarmandarinonline.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment