Friday, March 12, 2010

GPS Action, Alarm Berbasis GPS dan Cell ID



Seringkali profil ponsel aktif di tempat yang kurang tepat. Misalnya profil normal aktif saat sedang rapat di kantor, sehingga dering ponsel mengganggu suasana rapat. Atau saat berada di tengah keramaian, ternyata ponsel masih berada pada posisi Silent, sehingga panggilan telepon tidak terdengar.

Mengatur setting jam profil adalah salah satu solusi yang dapat diterapkan. Misalnya Anda atur agar mode Silent aktif dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, dengan asumsi Anda berada di kantor pada jam tersebut dan mengatur setting profil Normal, Home atau Outdoor setelahnya.

Jika cara ini dianggap tidak praktis, saat ini banyak sekali yang Jual GPS yang lebih canggih dari ponsel, yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan GPS Action. GPS Action bekerja berbasiskan lokasi. Berdasarkan informasi yang didapat mengenai lokasi Anda, aplikasi secara otomatis bisa menjalankan alarm, mengatur setting, membuka aplikasi, mengubah profil, mengubah status Bluetooth, membuka situs web ataupun menampilkan dokumen.

Sayangnya, tidak semua ponsel didukung oleh GPS Action. Hanya beberapa ponsel Symbian seri 60 yang dapat memanfaatkannya dengan baik.

Untuk Nokia, yang didukung oleh GPS Action adalah seri: Nokia E50, Nokia E60, Nokia E61, Nokia E62, Nokia E70, Nokia N71, Nokia N73, Nokia N75, Nokia N80, Nokia N91, Nokia N92, Nokia N93, Nokia N95, Nokia 3250, Nokia E65, Nokia N76, Nokia E61i, Nokia N73 Music Edition, Nokia N77, Nokia E90 Communicator, Nokia 6120 Classic, Nokia 5700 XpressMusic, Nokia 6110 Navigator, Nokia E51, Nokia N81, Nokia 6121, Nokia N82, Nokia N93i, Nokia 6290, Nokia N95 8GB, Nokia N81 8GB, Nokia N91 8 GB, Nokia N96, Nokia 6210 Navigator, Nokia 6220 Classic, Nokia N78, Nokia N79, Nokia N85, Nokia 5320 XpressMusic, Nokia E66, dan Nokia E71.

Jika ponsel Anda termasuk salah satu ponsel yang didukung oleh GPS Action, unduhlah aplikasi tersebut di http://download12.getjar.com/downloads/web/pub/38081/gps-action-series-60-3-v-1-0.sis (452KB). Setelah itu install di ponsel Anda. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini merupakan versi Trial 10 hari. Itu artinya, setelah 10 hari Anda harus membeli lisensi aplikasi ini jika ingin terus menggunakannya.

Instalasi dan Pengaturan
Setelah aplikasi terpasang, ada tiga hal utama yang harus dilakukan. Pertama, Anda harus mengatur setting software mengenai cara pendeteksian posisi Anda. Apakah Anda ingin pendeteksian berbasiskan GPS, berbasis Cell ID, atau keduanya. Anda juga dapat menentukan "hari kerja" aplikasi ini dan mengatur volume untuk alarm.

Langkah kedua, Anda perlu mengatur landmark. Di sini, dapat ditentukan lokasi target di mana alarm akan dibunyikan atau aksi tertentu setelah Anda mencapai lokasi tersebut. Langkah ini akan lebih mudah jika ponsel telah dilengkapi dengan Nokia Landmarks. Anda tinggal mengimpor lokasi dari peta tanpa menentukan koordinat secara manual.

Langkah terakhir, tentukan alarm atau aksi tertentu berdasarkan landmark atau lokasi yang telah ditentukan sebelumnya. Pada tahap ini Anda juga dapat menentukan frekuensi alarm, kondisi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan landmark.

TIPS:
GPS Action (Jual GPS) bisa dimanfaatkan sebagai pengingat pesan dengan membuat catatan pada sebuah dokumen, lalu mengatur agar dokumen tersebut dibuka setelah Anda tiba di lokasi tertentu. Dengan begini, tidak akan ada lagi hal yang terlewat dalam kegiatan sehari-hari. *

tekno.kompas.com

No comments:

Post a Comment