Wednesday, March 3, 2010

Miniatur Pesawat “Terbang” Ke Eropa Timur



Beragam jenis miniatur pesawat terbang ini, merupakan buatan para perajin di desa cikarawang, bogor, jawa barat. Bentuknya yang halus dan sangat mirip dengan pesawat aslinya membuat kerajinan aircraft model ini menembus pasar internasional, seperti eropa, jepang dan amerika serikat.
Pemesannya, berbagai maskapai penerbangan di dalam dan luar negeri. Sentra kerajinan miniatur pesawat terbang lokasinya tidak jauh dari kota bogor. Dari tugu kujang dapat mengambil arah ke kampus ipb dramaga, lalu menuju desa cikarawang, kampung cangkrang.
Disinilah, harto alkarim yang berasal dari makasar, menekuni pembuatan miniatur pesawat terbang sudah lebih dari 25 tahun. Setiap hari, bengkel produksinya tidak pernah berhenti membuat berbagai jenis miniatur pesawat.
Pembuatan miniatur pesawat terbang sangat membutuhkan ketelitian, dan harus memahami benar bentuk dan jenis pesawat yang akan dibuat. Karena maskapai penerbangan menghendaki miniatur pesawat yang dipesannya sangat mirip dengan aslinya.
Bahan baku pembuatan miniatur pesawat ini mudah didapat. Bahan utamanya fiber plastik cair. Dari bahan baku fiber ini dilakukan proses pencetakan badan pesawat, sayap dan mesin pesawat. Proses pencetakan membutuhkan waktu 15 menit hingga pengerasan. Sedangkan proses pengeringannya mengandalkan sinar matahari.
Setelah proses pencetakan, dilakukan proses penghalusan dengan mendempul bagian -bagian yang belum mulus. Untuk mendapat hasil yang lebih sempurna, kemudian dilakukan pengamplasan. Setelah itu, badan pesawat dicat dengan cara disemprot, sehingga diperoleh hasil pengecatan yang sangat halus.
Saya mencoba menyemprotkan cat dengan hati – hati, agar hasil yang diperoleh tidak mengecewakan. Selanjutnya menempelkan bentuk pintu dan logo pesawat. Pintu dan logo pesawat dibuat dalam bentuk stiker dengan cara disablon.
Saya mencoba menempelkan stiker pintu ke badan pesawat yang sudah dicat dengan dibimbing para perajin disini. Karena pekerjaan ini memerlukan ketelitian, pekerjanya sebagian besar wanita.
(rahmat saepulloh/ ind)



http://www.karir-up.com

No comments:

Post a Comment