Wednesday, March 3, 2010

Pintu, Penyelaras Tampilan Rumah



Pintu sangat berpengaruh bagi penampilan gaya dan desain rumah secara keseluruhan. Untuk itu, perlu memilih Kusen Pintu yang sesuai dengan gaya rumah dan desain aksesoris interiornya. Salah satu bagian yang terpenting dari rumah adalah pintu. Sebagai penghubung antar ruang yang satu dengan ruang yang lain, pintu dapat berfungsi membatasi maupun sebagai akses dalam rumah.

Chairul Amal Septono, arsitek dari PT Uni Studio&CArchitek memberikan pemahamannya tentang fungsi dan manfaat dari sebuah pintu. "Manfaat pintu sebagai penghubung dilihat fungsinya, bila tertutup berarti menutup hubungan antar ruang dan demikian sebaliknya," paparnya.

Tanpa pintu tampilan rumah akan berbeda, karena memang diantara keduanya sudah menjadi satu kesatuan. Pintu memiliki gaya dan tampilan yang beragam ada yang bergaya klasik, ada yang bergaya modern. Dan masing-masing produk memiliki tampilan warna beragam mulai dari warna kayu, warna gelap, sampai warna-warna solid (putih, kuning, merah) yang diselaraskan dengan gaya rumah.

"Material pintu terbagi menjadi kayu solid dan rangka. Pintu rangka biasanya berupa kayu metal kemudian dilapisi kayu lapis dan disentuh terakhir kali dengan veneer. Menggunakan produk ini selain harganya relatif lebih murah, motif pintu dengan material ini bisa disesuaikan dengan konsep desain rumah yang digunakan," ucapnya seraya tersenyum.

"Bila menggunakan gaya klasik harus disesuaikan dengan aksesorisnya, dimana pada desain klasik itu diciptakan khusus untuk bangunan-bangunan klasik yang menampilkan banyak cornise atau profil dengan warna-warna. Sementara untuk gaya modern terlihat dari bentuk-bentuknya yang lebih simpel, dan lebih mengutamakan fungsi daripada artistik," katanya.

Sebagai sirkulasi manusia, pintu memiliki dimensi tinggi manusia berdiri dengan posisi tangan menjulur ke atas. "Ukuran standar sebuah Kusen Pintu adalah setinggi manusia berdiri dengan posisi tangan direntangkan ke atas yaitu dua meter sepuluh. Namun khusus untuk pintu rumah gaya klasik ukurannya bisa lebih tinggi lagi," tutur Ketua Badan Pelestarian Arsitektur ini ramah.

Sesuai Model dan Nuansa

Saat ini terdapat produk pintu bermaterial rangka yang terbuat dari HDF (High Dencity Fiber). Dengan label Ever Green, produk ini dibuat dari kumpulan kayu kecil-kecil kemudian di press dan dibentuk seperti panel. Dengan fungsi ganda, pintu juga dibuat dapat kedap suara.

"Untuk desain pintu ini memiliki banyak pilihan mulai dari klasik yang banyak menggunakan pemakaian ornamen sampai gaya minimalis yang simpel. Sedang untuk pemasangannya sama dengan produk lain, dengan ukuran standar tujuh puluh sampai sembilan puluh satu centimeter dan panjang dua meter sebelas," tambah Joko.

Karena kayu bersifat alami, meskipun pintu sudah di oven 10 sampai 13 persen, tapi tetap kembang susut kelembaban airnya masih banyak. Sehingga agar pemuaian dan kembang susutnya tidak banyak perlu di dry clean terlebih dahulu. "Dan dengan kisaran harga yang bervariasi, mulai dari Rp 800 sampai Rp 1,2 juta, Anda dapat memiliki produk ini," pungkasnya.

lifestyle.okezone.com

No comments:

Post a Comment