Thursday, April 15, 2010

Jangan Sembarangan Memilih Sprei atau Bedcover



KESALAHAN membeli sprei sering kali terjadi. Baik dari faktor ukuran maupun bahan. Nah, agar tak lagi keliru, coba simak poin-poin berikut sebagai pertimbangan.

Ukuran

Kedengarannya sepele, tapi banyak orang salah memilih ukuran sprei. Ukuran sprei ditentukan oleh ukuran kasur. Selama ini kita hanya mengenal twin, queen, dan king size, tanpa tahu berapa ukuran tepatnya. Ditambah lagi istilah-istilah untuk ukuran kasur ini, berbeda antara Indonesia dan luar negeri, khususnya Amerika.
Super King Size (Indonesia)
King Size (USA)
200 cm x 200cm
King Size (Indonesia)
Queen Size (USA)
180 cm x 200cm
Queen Size (Indonesia)
Full (USA)
160 cm x 200cm
Twin atau Super Single (Indonesia)
Twin Size (USA)
120 cm x 200 cm
Single Size (Indonesia dan USA) 100 cm x 200 cm

Setelah mengetahui ukuran tepat kasur Anda, perhatikan label pembungkus sprei. Pilih sprei dengan ukuran yang sama dengan kasur. Dengan demikian, Anda terhindar dari risiko membeli sprei kebesaran atau kekecilan.

Jenis bahan

Jenis bahan sprei memengaruhi kenyamanan dan perawatannya. Pada umumnya sprei terbuat dari katun. Bahan Sprei katun banyak disuka karena sifatnya yang mudah menyerap keringat dan adem.

Selain Sprei katun masih ada bahan lain. Sutra atau kashmir misalnya. Kedua bahan ini memang tergolong mahal. Perawatannya pun tak bisa sembarangan. Jika Anda mempunyai sprei dengan bahan ini sebaiknya dicuci dengan dry clean. Pencucian demikian lebih aman untuk menjaga bentuk dan warna bahan sutra maupun kashmir.

properti.kompas.com

No comments:

Post a Comment