Friday, April 16, 2010

Jenis dan Type Atap Baja Ringan



Sebelum menentukan type Konstrusi Atap Baja Ringan ada baiknya kita pilih dulu jenis dan type genteng yang akan kita gunakan. Jenis penutup atap ini terdiri dari berbagai macam : Genteng, Asbes Gelombang, Seng atau Metal Sheet lainnya. Dari pemilihan penutup atap ini baru kita bisa menentukan type baja ringan yang akan kita gunakan sebagai konstruksi atap rumah.

Dikarenakan berat masing-masing penutup atap ini berbeda, maka ukuran/dimensi, ketebalan serta konstruksi rangka kuda-kuda atap baja ringan yang digunakan berbeda pula disesuaikan dengan berat material penutup atap

Semakin berat material penutup atap, semakin besar/tebal pula rangka yang dipakai. Begitu pula sebaliknya.

Ketelitian memilih type sebelum membeli sangat diperlukan. Mintalah brosur cara pemasangan dan informasi ukuran/dimensi Reng (roof batten) dan C channel dari supplier konstruksi baja ringan.

Apabila penutup atap yang digunakan adalah Genteng (Keramik atau beton), maka dibutuhkan ukuran atau dimensi yang lebih besar/tebal Reng dan C channel rangka atap tersebut. Semakin besar dimensi atau ukuran yang dipilih, semakin besar pula beban yang dapat ditanggung. Semakin kecil ukuran/dimensi C channel, semakin minim pula kesanggupan rangka untuk menanggung total beban penutup atap.

Untuk jenis penutup atap ringan dapat digunakan ukuran C channel untuk Zincalume maupun Galvanis jenis :

* C71.075
Direkomendasikan untuk rangka atap dengan jenis penutup genteng metal, seng, fiberglass, Onduline, asbes dan jenis penutup atap lainnya yang bersifat ringan. Pemakaian C71.075 dengan bentangan lebar tetap aman karena kekuatan rangka/kuda-kuda sebanding dengan beban total penutup atap.

* C81.075
Selain direkomendasikan untuk rangka atap dengan jenis penutup seperti tersebut di atas , C81.075 juga dapat digunakan untuk jenis penutup genteng keramik dengan bentang atap menengah dengan bentangan lebar (-/+ 7 meter).

Untuk jenis penutup atap berat dapat digunakan ukuran C channel untuk Zincalume maupun Galvanis jenis :

* C81.095
Direkomendasikan untuk rangka atap dengan jenis penutup genteng keramik dan genteng beton dengan bentang atap yang panjang (s/d > 9 meter).

Untuk menentukan harga, sebaiknya jangan hanya tergiur oleh murahnya saja.
Tetapi perlu diperhatikan pula kwalitas dari bahan tersebut dan kwalitas dari cara pemasangannya.Ajaklah suppliernya ke beberapa lokasi yang pernah mereka pasang Atap Baja ringannya.(Asa Sasmita)

hematbangunrumah.wordpress.com

No comments:

Post a Comment