Monday, April 5, 2010

Memilih Pemutih Wajah yang Aman



Wanita mana sih yang tak mengidamkan kulit wajah nan putih, mulus, dan 'cling'? Demi mendapatkan kulit idaman itu, banyak wanita mengerling pada produk pemutih wajah.

Jika Anda pun termasuk salah satu di antara mereka, alangkah baiknya jika berhati-hati. Sebab, di pasaran tersedia beragam produk Pemutih Kulit yang tak semuanya aman digunakan karena mengandung bahan-bahan berbahaya, semisal merkuri.

Celakanya, secara kasat mata, kita sulit memastikan mana produk Pemutih Kulit yang mengandung merkuri dan mana yang tidak. Nah, agar tak 'tergelincir' saat memilih produk pemutih, simak beberapa tips dari dr Rini Tjahdadi SpKK, spesialis kulit yang berpraktik di sejumlah klinik kecantikan di Jakarta. Berikut tips-tips nya:

* Ada baiknya konsultasi ke dokter sebelum memakai krim pemutih wajah. Dalam hal ini, dokter akan memeriksa bagaimana kondisi kulit wajah Anda, apakah tergolong jenis kulit yang tahan memakai krim pemutih atau tidak. Jika kulit Anda termasuk yang tidak tahan, sebaiknya tidak memakai pemutih karena akan membuat kulit menjadi rusak.

* Sebenarnya tidak semua wajah membutuhkan pemutih. Pemutih hanya dibutuhkan oleh mereka yang memiliki kulit wajah kusam, atau banyak flek hitam/cokelat. Dengan pemutih, diharapkan kulit wajah menjadi lebih cerah.

* Anda patut curiga jika dalam waktu singkat kulit Anda menjadi putih karena produk pemutih yang Anda pakai. Misalnya, baru seminggu menggunakan produk itu, kulit sudah tampak putih. Biasanya, produk pemutih seperti ini mengandung merkuri.

* Perlu juga dicurigai jika krim pemutih membuat kulit wajah menjadi merah atau iritasi akibat kulit tidak tahan dengan bahan aktif yang terkandung dalam krim pemutih itu. Dampak lain dari pemutih yang mengandung merkuri adalah wajah menjadi bengkak dan kulit kasar.

* Selain memakai krim pemutih, rawatlah kulit wajah Anda dengan cara banyak minum air putih, mengonsumsi buah-buahan, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. Dengan cara ini, kulit wajah Anda akan tampak sehat dan segar.

* Rajin membersihkan wajah dan hanya memakai produk kosmetik yang aman.

* Rutin melakukan facial untuk mengangkat komedo dan sel kulit mati.

* Gunakan tabir surya setiap keluar rumah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

infoanda.com

No comments:

Post a Comment