Friday, April 9, 2010

Panduan Merawat Ac Split



Bila filter pada indoor unit sudah kotor, akan membuat hembusan angin yang keluar dari fan motor indoor menjadi berkurang. sehingga hawa dingin dalam ruangan atau kamar juga berkurang, saya sarankan anda mencuci filter ac yang berada pada indoor unit tiap 2 minggu sekali.

bila filter sudah dicuci tapi rasa dingin masih tetap saja berkurang, berarti pada sisi-sisi evaporator sudah tertutup oleh debu/lumut. segera panggil teknisi ac anda untuk mencuci ac dengan mesin steam yang mungkin anda tidak memilikinya. untuk mengetahui kapan ac split anda harus dicuci atau disservice (Service AC) yaitu dengan cara merasakan angin yang keluar dari indoor unit ac split anda.

set kecepatan speed fan motor indoor unit pada posisi high. dengarkan angin yang keluar, apakah bunyi angin yang keluar dari blower indoor unit tidak beraturan atau suara angin kasar? jika ya berarti ac split anda harus segera dicuci atau diservice.

bunyi angin yang keluar tidak beraturan atau kasar menandakan evaporator sudah tertutup oleh lumut yang membuat kipas blower dalam indoor unit hanya bisa menghisap udara dievaporator hanya sebagian, jadi angin yang keluar tidak beraturan. dan inilah salah satu penyebab mengapa ac anda menjadi tidak dingin.

perhatikan juga bagian belakang outdoor unit yaitu condenser, apakah sudah tertutup oleh debu? jika ya, bersihkan dengan kuas atau semprotkan dengan menggunakan selang yang dialiri air bersih/pam.(jika outdoor unit dapat dijangkau oleh anda dan jangan lupa matikan aliran listrik yang menuju ac anda sebelum melakukan ini).

hal-hal yang harus diperhatikan dalam perawatan atau Service AC split:
1. Bersihkan filter ac split yang berada pada indoor unit tiap 2 minggu sekali.
2. Jangan merokok didalam ruangan ber-ac, karena nikotin dapat menempel pada evaporator sehingga dapat membuat ac bau rokok.
3. Matikan ac, bila sedang menyemprotkan cairan pembunuh serangga.
4. Jangan meletakan suatu benda yang dapat menghalangi hembusan angin yang keluar dari outdoor unit.
5. Matikan ac bila sudah tidak diperlukan.

bengkelacdankulkas.blogspot.com

No comments:

Post a Comment