Monday, July 19, 2010

MOtor Hibrid Yamaha

Bukan hanya pabrikan mobil yang berlomba-lomba menciptakan kendaraan bermesin hybrid, paduan antara mesin bensin dan motor listrik.Tapi produsen roda dua juga mulai membuka diri.

Sebelumnya sepeda motor Hybrid concept asal Thailand saat berlangsung Bangkok Motor Show 2004 silam, di Tokyo Motor Show (TMS) 2009 yang baru lalu giliran Yamaha yang memperkenalkan motor hybrid racikannya.Diberi nama Yamaha HV-X Hybrid, sepeda motor ini menggunakan mesin bensin 4-tak, 250cc, single silinder dan sebuah motor listrik berkekuatan 15 kw dan dilengkapi pula dengan lithium ion battery 300v.

Meski tak banyak informasi yang diberikan oleh pihak Yamaha sendiri, namun tim riset dalam proyek ini mengungkapkan kesulitan terbesarnya adalah menaklukan dimensi sepeda motor yang sempit.Setidaknya akan ada banyak penambahan komponen agar dua mesin bisa bekerja bersamaan. Alhasil posisi antarpart harus didesain sedemikian rupa agar semuanya bisa tertampung.Mesin bensin diletakan di bawah tanki, sedang motor listriknya diselipkan di belakang mesin bensin tepatnya di sebelah footstep. Sedang baterai yang ukurannya cukup besar diletakan di tangki bensin. Sedang tangki bensin yang sesungguhnya harus rela digeser ke bawah jok belakang.

Dan hasilnya tercipta sebuah sepeda motor hybrid yang tetap menyenangkan diajak jalan-jalan termasuk ketika melintasi tikungan. Ergonomi pengendara dan handling yang dirasakan diyakini tak jauh berbeda dengan sepeda motor konvensional. Bahkan dari video yang di release Yamaha yang banyak beredar di Youtube, terlihat jelas kemampuannya ngebut di sirkuit.

Sumber : bebexbiroe.blogspot.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

No comments:

Post a Comment