Thursday, October 21, 2010

Ciri Desain Web Yang Manis Dan Minimalis

Desain web minimalis dapat diartikan sebagai desain web yang simpel, tidak terlalu banyak warna, dan mudah navigasinya. Web minimalis cenderung digemari karena web seperti ini biasanya mudah dimengerti dan mudah diakses. Seperti yang telah dibahas dalam artikel-artikel terdahulu, website yang memiliki terlalu banyak elemen dan link bisa membuat user bingung, terutama jika user tersebut tidak terlalu akrab dengan dunia internet; dan ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan.

Web minimalis harus memiliki warna, tekstur, background dan elemen yang sederhana dengan tambahan satu atau dua objek besar sebagai titik fokus. Sehingga saat diakses, mata user akan cenderung mengarah pada satu atau dua titik itu saja. Web minimalis biasanya hanya memuat unsur-unsur yang dianggap penting, widget dan link-link tidak penting dan sekiranya tidak berfungsi lebih baik ditinggalkan. Tetapi dalam penghilangan elemen inipun juga harus harus hati-hati, jangan sampai website menjadi 'pincang' gara-gara kehilangan fitur pentingnya.

Warna kuat dan aksen unik pada objek tertentu bisa ditambahkan sebagai penguat fokus. Karena secara keseluruhan bersifat minimalis maka objek-objek yang akan dijadikan fokus tersebut harus dibuat seunik mungkin. Intinya, web tersebut tidak boleh kehilangan elemen artistik dan psikologisnya. Sekalipun tidak banyak mengandung objek didalamnya, web minimalis juga harus memenuhi prinsip-prinsip desain grafis, baik dari segi balance, alignment, hingga contrast-nya. Silahkan klik di sini jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang prinsip-prinsip desain.

Web minimalis memang terlihat simpel, tapi bagi orang-orang yang tidak terbiasa akan sangat sulit menemukan bentuk dan layout yang minim tetapi manis, Tetapi web desain minimalis yang melupakan unsur-unsur artistik dan psikologisnya dapat membuat web tersebut terlihat membosankan, terkesan 'biasa', bahkan 'mati'

Sumber - gravisware.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

No comments:

Post a Comment