Monday, November 8, 2010

Cina Pun Menggempur AS

China saat ini menjelma menjadi pasar terbesar di industri otomotif dunia dengan mengalahkan Amerika Serikat. Daya beli masyarakatnya yang tinggi membuat banyak produsen mobil baik merek lokal maupun global yang termanjakan.

Sukses China menggusur AS sebagai pasar mobil terbesar dunia juga berkat campur tangan pemerintah. Untuk mendorong penjualan, Beijing telah memperkenalkan program insentif pajak dan stimulus belanja dan melakukan seminar forum otomotif dengan puluhan pakar otomotif lokal maupun internasional.. Hasilnya, penjualan mobil di China selama Oktober melonjak 72% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut data China Association of Auto Manufacturers, penjualan total mobil dan truk selama Oktober tercatat 1,2 juta unit. Meski turun dibandingkan dengan penjualan September yang mencapai 1,3 juta unit, namun itu sudah cukup untuk mengalahkan AS yang hanya mampu mencatat penjualan 838.000 unit pada Oktober.

Sementara Autodata Corp mencatat penjualan mobil dan truk di China tahun ini akan mencapai 10,9 juta unit, bandingkan dengan 8,6 juta unit di Negeri Paman Sam. Kondisi ini bisa menjadi semacam indikator mulai beralihnya kiblat otomotif dunia dari AS ke China. Apalagi kini semakin banyak pabrikan mobil dunia yang ingin mencicipi pertumbuhan cepat ekonomi China dengan lebih mengoptimalkan operasional di Negeri Tirai Bambu itu melalui jalinan kerjasama dengan sejumlah pabrikan dan pemasok lokal.

Sumber – inilah.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

No comments:

Post a Comment