Tuesday, November 16, 2010

Kompresi Motor Mio


Kohar alias korek harian buat yg gak puas sama akselerasi motor Mio nya bisa menempuh cara lama yg biasa dilakukan para tuner. Memang modifikasi motor ini sudah lama diterapkan oleh para penggila motor yg gak puas dengan akselerasi motornya, tapi bukan berarti cara modifikasi motor yg satu ini ditinggalkan, masih banyak bengkel yg menerapkan sistem korek harian ini.

Salah satu yg harus dilakukan adalah porting & polish. Saat melakukan porting jgn terlalu halus dan jgn terlalu lebar, cukup sedikit haluskan bagian kulit jeruknya untuk melancarkan aliran gas bakar dan lebih bersih. Yg menguntungkan dari modifikasi motor ini adalah motor tak terlihat telah mendapat perubahan, tapi begitu motor anda digas poll, baru deh ngerasain kalo tuh motor udah punya akselerasi yg jauh lebih baik.

“Korek harian buat Mio pertama bisa lakukan porting polis pada lubang hisap dan buang, tapi jgn terlalu halus dan jgn bikin lubangnya tambah lebar, cukup haluskan sedikit saja bagian kulit jeruknya,” ungkap Didi Nurhadi juragan bengkel D2M.

Cara kedua dalam modifikasi motor yg satu ini kalau tdk ada niatan naikin seher, langkah pembubutan pada bagian head silinder bisa dilakukan, tapi jgn terlalu tebal, cukup sekitar 0.3 milimeter saja. Bubut head ini berfungsi untuk menaikan kompresi mesin guna mengejar hasil yg lebih baik supaya motor dapat berlari lebih enteng untuk harian.

“Cukup bubut 0.3mm aja, jgn tebel-tebel. Biasanya kalau terlalu tebel motor suka knocking atau ngelitik.”

Kedua cara ini rasanya cukup untuk memberikan akselerasi dan tarikan motor jadi lebih enteng. Namun yg jadi pertanyaan adalah saat kompresi meningkat, otomatis mesin motor tersebut membutuhkan bahan bakar dengan oktan yg lebih tinggi. Jadi harus ganti bensin yah?

Tenang, Anda gak perlu ganti jenis bbm yg digunakan semisal biasa pake premium lantas beralih ke pertamax atau pertamax plus.

Untuk mengatasi masalah ini, cukup modifikasi motor dengan membesarkan bukaan anginnya. Biasanya bukaan angin Mio bawaan pabrik sekitar 2.5 putaran, jadi tinggal tambahkan menjadi 3 atau 3.25 putaran.

Sumber: gilamotor.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris


No comments:

Post a Comment