Tuesday, December 21, 2010

Cara Mudah Membuat Brosur yg Menarik


Pertama

Gunakan foto wanita/pria yg menarik di bagian depan brosur. Ini digunakan mayoritas produk di dunia. Bahkan pada perusahaan-perusahaan besar digunakan publik figur yg terkenal seperti para selebriti, atlit olah raga,

Foto orang yg digunakan untuk figur produk tidak boleh sembarangan. Harus disesuaikan dgn produk yg kita jual.

Catatan, masukkan foto punya sendiri atau anda punya hak menggunakannya agar tidak terkena klaim copyright atau kepemilikan. Gambar ini digunakan sebagai penguat dan alat komunikasi visual (kadang bisa menjadi testimonial non verbal). Tanda kurung setelah tips adalah penggunaan tips tersebut.

Kedua

Pakai judul utama yg bombastis & fantastis (unpredictable, surprising, mengandung unsur WOW.

Tips Membuat Brosur yg Menarik Buatlah beberapa alternatif judul / kata kunci, lalu tanyalah kepada beberapa orang di sekitar kita apa penmampu mereka dgn kata-kata tersebut.

Judul utama ini kadang-kadang juga menggunakan problem/masalah utama yg ada pada konsumen yg dituju, contohnya : “Problem Kegemukan?, “Bermasalah dgn Jerawat?”,· “Susah Buang Air Besar?

Ketiga

Pakai nuansa warna yg sesuai dgn produk dan target pembeli Anda. Anda perlu membaca filosfi warna desain grafis utk memahami lebih mendalam pada artikel warna.

Keempat

Cantumkan Harga (bila memungkinkan) atau Diskon produk Anda. Bila Anda yakin bahwa harga produk Anda paling murah atau diskon Anda paling besar dibanding dgn merek lain yg mutunya sama (point of interest produk), jangan ragu-ragu utk mencantumkannya

Kelima

Gunakan penanda khusus pada judul utama seperti bentuk bintang, oval, lingkaran, kotak, tanda panah dan bentuk sign lainnya utk berkomunikasi secara visual. Ini berfungsi utk lebih memperkuat kesan dari judul yg telah ditentukan. Penanda khusus ini biasanya disebut Flashes.

Keenam

Agar brosur kita bisa menciptakan Keinginan konsumen, maka Layout keseluruhan harus mampu mengilustrasikan atau menggambarkan keunggulan produk kita dgn baik. Buatlah uraian-uraian yg menerangkan dgn lebih detail keistimewaan produk yg dijual. Gambar-gambar yg ada di dalam brosur juga harus secara gamblang meng-expose nilai jual / selling point dari produk tersebut.

KeTujuh Beri ruang kosong sebagai atau space yg cukup. Terlalu penuh akan membuat orang malas membaca atau melihat karena terlihat kacau.. Pada ilmu terapan komunikasi visual termampu beberapa hal yg diyakini adalah Prinsip-Prinsip dalam Tata Rupa & Desain Grafis dalam berkomunikasi.

Elemen-elemen terebut adalah

1. Kesatuan (unity)

2. Keseimbangan (balance)

3. Proporsi (proportion)

4. Irama (Rhythm)

5. Dominasi (Domination )

Dgn adanya prinsip ini selain orang mudah melihat, akan membuat hasil karya desain grafis seperti brosur akan sukses mengkomunikasikan varibel produk yg ditampilkan.

Kedelapan

Setelah konsumen terpuaskan keingintahuan terhadap produk kita melalui Body Copy yg ada, tentu kita ingin segera menggiring Mereka utk segera Take Action bukan?

Oleh sebab itu jangan lupa utk mencantumkan alamat dan nomor telepon serta nama orang yg bisa dihubungi.

Sumber: www.ahlidesain.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

No comments:

Post a Comment

Post a Comment