Monday, December 6, 2010

Unsur Dasar Dalam Mendesain Grafis

Belajar Desain grafis itu mudah.Desain grafis tidak memberatkan. Karena di dalam desain grafis cuma terdapat 3 unsur pembelajaran yaitu:

1. Ketrampilan teknis

2. Kepekaan estetik dan

3. Pengetahuan komunikasi visual

Ke tiga unsur di atas ini sebaiknya dipelajari secara bertahap yaitu mengetahui teori-teori dasar lalu praktek. Jadi pada saat masuk ke tahap praktek mendesain “otak” ga blank, karena teorinya sudah nancep duluan di otak. Jadi pas ada masalah bisa nyambung.

Teori-teori dasar yang sebaiknya diketahui bagi pemula adalah:

1. Mengetahui apa itu komunikasi visual atau desain grafis.

2. Mengetahui dasar-dasar estetika (garis, bentuk dan warna) melalui nirmana.

3. Mengetahui dasar-dasar makna warna

4. Mengetahui dasar-dasar tipografi (huruf).

5. Mengetahui dasar-dasar tata letak / lay out.

Kalau dasar-dasar desain grafis di atas sudah di lewati baru masuk ke tahap praktek dengan menggunakan tools (software desain seperti adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Adobe in design, dan sebagainya. Dalam menggunakan sotware ini kita langsung praktek menerapkan teori-teori dasar di atas ke dalam sebuah desain, misal mendesain brosur. Tidak semua software digunakan, kita bisa pilih salah satu atau salah dua, freehand dengan photoshop atau illustrator dengan photoshop.Tapi yang jelas yang paling penting penguasaan desainnya meskipun penguasaan software juga penting. Kalau kemampuan desain adanya kan di otak kita, ya kan. Ini lebih langgeng,tapi kalau mau yang lebih singkat lagi,tak ada salahnya anda mengikuti kursus desain

Semoga Berguna

Sumber

No comments:

Post a Comment