Wednesday, January 5, 2011

Jenis Terapi Yoga Ketawa Cocok Untuk Terapi Kanker

Yoga ketawa adalah salah satu terapi yang dapat digunakan untuk membantu penyembuhan penderita kanker secara non medis. Pada Cancer Camp yang bertema "Self Healing" atau penyembuhan secara mandiri. Sedikitnya lima terapi diperkenalkan oleh tim terapi yang berasal dari Capacitar. Yaitu terapi memegang jari (holding fingers), terapi bersyukur (gratitude), Tai Chi, terapi gambar, dan terapi tarian.


"Terapi yang saya terapkan bukan untuk menyembuhkan. Tetapi bagaimana cara kita melepaskan emosi di dalam hidup kita," kata terapis Capacitar Gobind Vasdhev. Gobind percaya, segala permasalahan maupun penyakit yang ada di dunia bermuara pada tidak seimbangnya energi dan emosi dalam tubuh individu.Teknik-tekniknya juga mudah dilakukan. Termasuk di tengah-tengah rutinitas sehari-hari. Akan tetapi dipercaya dapat membantu proses penyembuhan stres dan trauma. Sehingga tidak lagi terpengaruh oleh gejala-gejala dan luka-luka batin akibat trauma itu.

Melepas Emosi

Pada saat individu mengalami bahaya atau stres, ada luapan perasaan atau emosi kuat yang mengalir dalam tubuh. Misalnya sedih, marah, takut, cemas. Setiap emosi itu, mengandung energi. Jika luapan emosi itu dapat disalurkan, maka energi dari emosi itu bisa mengalir lancar keluar tubuh.

Pada terapi memegang jari, teori yang berlaku adalah, masing-masing jari tangan merupakan saluran untuk mengeluarkan energi. Dengan memegang jari tangan kanan menggunakan tangan kiri maupun sebaliknya selama dua hingga lima menit, panas yang ada dari tangan yang menggenggam akan membantu mengeluarkan energi. Sehingga membuka sumbatan yang ada. "Energi tubuh kita mengalir dengan lancar dan seimbang lagi," Memegang ibu jari, akan melepaskan energi yang berasal dari rasa sedih dan sakit hati. Jari telunjuk, adalah tempat mengalirnya energi yang diakibatkan oleh teror dan rasa takut. Pada jari tengah, mengalir energi marah dan benci. Energi kecemasan dan rasa khawatir mengalir melalui jari tengah. Dan energi yang muncul dari rasa kurang percaya diri mengalir melalui jari kelingking.

Sumber

Temukan Lebih banyak lagi seputar Yoga & Yoga Ketawa

No comments:

Post a Comment