Monday, January 24, 2011

Persiapan Setingan Sound System Yang Cocok Untuk Bernasyid

Dalam urutan belajar bernasyid terutama dalam hal performance salah satu hal yang juga tidak bisa diabaikan oleh para munsyid adalah bagaimana menguasai perangkat sound yang tersedia. Seringkali hal ini diabaikan oleh para munsyid karena terlalu mengandalkan jasa teknisi sewa sound system sehingga ketika mereka menampilkan hasil karya nasyidnya jadi terdengar kurang maksimal.

Berikut beberapa kiat dan cara agar tim nasyid bisa tampil PeDe dengan penguasaan sound yang baik berdasarkan pengalaman SNADA:

1. KENALI JENIS SOUND SYSTEM.

Ada banyak jenis sound pendukung performance bagi tim nasyid: Rolland, Metz, Yamaha sound, dan masih banyak jenis sound pendukung lainnya. Kita tidak perlu repot-repot kalau memang kita memiliki sound engineer sendiri karena dialah yang akan bertanggung jawab untuk mengatur frekuensi suara masing-masing personal munsyid ketika tampil sehingga bisa memunculkan suara yang maksimal.

~ High

~ Middle

~ Low

Tambahan lainnya yang juga penting adalah Gain: untuk membesarkan/melebarkan suara dari masing-masing channel suara yang ada di sound system.

2. URUTLAH CHECK SOUND

Dalam melakukan check sound maka semua suara secara umum dilakukan stemming (penyetelan suara), yang biasanya dimulai dari suara Bass. Kemudian dilanjutkan dengan Lead Vocal (baik lead 1, 2 atau 3 tergantung jumlah lead) dan terakhir pengiring

3. PERLENGKAPAN LAIN YANG HARUS DIPERHATIKAN

Dua urutan diatas termasuk hal standar yang harus mendapatkan perhatian yang baik agar bisa tampil secara maksimal. Lakukan check sound di monitor speaker lebih dulu agar suara yang dihasilkan bisa langsung didengar dengan baik, karena monitor berperan sangat besar untuk menentukan baik atau tidak suara yang dihasilkan. angan lupa melihat kapasitas dari power, mixer, speaker dan monitor speaker.

Selamat bernasyid

Sumber

No comments:

Post a Comment