Friday, January 7, 2011

Tips Sederhana Sebelum Merenovasi Rumah Type 21

1. Jangan pernah merenovasi rumah type 21 sampai ke pinggir jalan, hal ini selain melanggar aturan yang ada juga membuat rumah menjadi sarang tikus yang gelap, sumpek, gerah, dan bau serta jadi sumber penyakit. Bagaimana-pun halaman itu penting, selain sebagai sumber udara segar, juga sinar matahari jadi banyak masuk rumah, serta anak-anak gak main langsung dijalanan.

2. Jangan meninggikan rumah tanpa melihat kualitas fondasinya (Berbahaya)

3. Membuat halaman langsung dibeton semua, akan menyebabkan air tidak masuk ke dalam tanah, sehingga jadi banjir dan kering pada musim kemarau.

4. Jangan tutup semua bagian belakang rumah sampai batas pagar, sehingga tidak ada peluang udara masuk dari belakang. Buat sedikit tempat di bagian belakang untuk masuknya udara, sehingga sirkulasi udara jadi teratur.

5. Buat jendela ditiap kamar, sehingga kamar jadi sehat dan tidak sumpek. 6. Mengganti jaringan kabel listrik yang lama. Kabel listrik pengembang biasanya tidak akan awet sampai 5 tahun, jadi sebaiknya diganti dengan jaringan baru, untuk menghindari kebakaran!


Intinya melakukan renovasi rumah type 21 cukup sulit, dibandingkan yang lebih besar, karena luas tanah yang dipunyai sekitar 60-72 m2. Sehingga pengembangan diharapkan dengan meningkatkan menjadi bertingkat 2 dimana ruang bawah hanya dengan 1 kamar tidur, dan diatas, terserah anda. Tetapi perlu diingat untuk lantai bawah, diusahakan supaya bagian belakang tidak tertutup semuanya, sehingga ada sinar matahari dan udara bisa masuk ke lantai bawah.

good luck !

Sumber

No comments:

Post a Comment