Friday, January 21, 2011

Trik Pemeliharaan Piano Yang Tepat

Sudah jelas bahwa piano-piano memerlukan tingkat pemeliharaan dan perhatian yang pasti. Saat ini banyak rumah di Amerika mempunyai piano yang tidak mendapat sedikitpun tingkat pemeliharaan dan perhatian. Satu-satunya alasan kenapa terjadi kurangnya perhatian pada piano karena rendahnya keakuratan pengetahuan umum terhadap piano-piano dan kebutuhan-kebutuhan khususnya. Guru-guru piano dan pemilik piano seharusnya diberi informasi tentang prinsip-prinsip dari pemeliharaan piano.


Faktor-faktor yang menimbulkan perubahan intonasi termasuk perubahan kelembaban udara (piano menjadi lebih tajam atau datar di beberapa bagian sehingga terjadi pelebaran pada papan suara dan konstraksi) dan alur waktu (kawat piano setiap kali kehilangan gaya tegangnya (tensi) dan suara yang dihasilkan menjadi datar).

PENYETELAN SUARA

Bukannya menghalang-halangi apa yang pernah anda dengar atau tindakan yang dilakukan di masa lalu, disini ada fakta-fakta secara jelas tentang frekuensi penyetelan suara: pabrik-pabrik dari semua tipe dan kualitas seringkali melakukan penyetelan di pabrik.

Toko-toko melakukan stem piano (atau perawatan tinggi nada) lebih kurang setiap 3 bulan. Pabrik-pabrik merekomendasikan piano harus di setel tiap 3 bulan pada tahun pertama di setiap rumah atau studio, kemudian 2 kali pertahun setelahnya. Piano untuk konser dan di studio rekaman harus disetel setiap kali sebelum pagelaran / acara.

Menurut pengalaman saya dalam penyetelan suara selama bertahun-tahun, maka saya menemukan bahwa piano baru yang benar-benar dibuat secara baik dan dalam kondisi lingkungan yang memadai akan menjadi lebih stabil setiap kali penyetelan. Nomor gaib biasanya nomor enam. Setelah 6 kali penyetelan, hampir semua piano akan mengeluarkan suara yang memadai untuk digunakan di rumah diantara tiap penyetelan, walau bagaimanapun, apakah 6 kali penyetelan telah dilakukan dalam dua tahun sesuai rekomendasi atau lamanya lebih dari beberapa tahun.

stem piano

No comments:

Post a Comment