Monday, February 14, 2011

Jeli Dalam Memilih Bisnis Laundry Kiloan Rumahan

Salah satu hal terpenting dalam bisnis laundry kiloan ini adalah mempelajari pangsa pasar di sekitar lokasi yang kita targetkan. Hal ini penting agar dapat memahami karakteristik konsumen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Misalkan pasar yang kita targetkan adalah karyawan/pegawai, bisa jadi apabila mereka menggunakan jasa kita, mereka akan menggunakan jasa untuk pencucian seragam karyawan, jas, kemeja, dll.

Secara garis besar yang kita perlukan adalah menentukan standar dalam proses kerja, hal ini penting untuk menjamin kualitas yang dihasilkan. Sebagai contoh dapat dibagi kedalam kelompok berikut:

1. Standar cara kerja

Meliputi cara pencucian, penegeringan, setrika, packing (seperti misalnya barang yang sudah selesai dibungkus dengan plastik untuk tetap menjaga kebersihannya sebelum sampai ke konsumen).

2. Standar peralatan yang digunakan

Meliputi mesin cuci yang digunakan haruslah bisa berdaya tahan lama, sikat bilas yang baik (seperti untuk mencuci karpet misalnya) , pemakain sabun, pewangi, penghalus bahan pada saat penyetrikaan, semua hal tersebut haruslah yang berkualitas baik.

3. Standar waktu pengerjaan

Meliputi lamanya waktu penyelesaian suatu proses loundry mulai dari diserahkan oleh konsumen sampai kembali ke tangan konsumen dengan tepat waktu.

4. Standar qualitas hasil pengerjaan

Meliputi inspeksi yang dilakukan sebelum produk diserahkan ke konsumen, misalkan suatu proses laundry sudah selesai, maka harus dicheck kembali apakah masih terdapat kotoran atau tidak, kainnya kusut atau tidak, apakah terdapat kerusakan akibat proses yang telah dilakukan seperti adanya bahan yang sobek, dan yang tidak kalah penting adalah kontrol kepemilikan,

Sumber

No comments:

Post a Comment