Wednesday, February 2, 2011

Melirik Peluang Bisnis Musiman




Modal awal untuk bisnis musiman adalah kepekaan Anda dalam mengendus peluang usaha yang terus berganti setiap saat, hari, minggu, bulan dan tahun.

Dengan modal kepekaan tersebut Anda akan menempatkan bisnis Anda pada jalur yang terus kencang. Potensi penghasilan Anda akan terus besar seiring perubahan yang Anda lakukan atas bisnis.
Dari sebuah sumber bacaan yang pernah saya baca, dan saya nilai ide-nya sangat bagus. Untuk memudahkan kita menangkap peluang bisnis musiman, maka kita harus bisa memetakannya kedalam beberapa kategori,diantaranya:

1.Peluang bisnis musiman yang di pengaruhi kondisi alam.
Sebetulnya di negara kita hanya mengenal musim kemarau dan musim hujan tapi dari kedua musim tadi ada yang dinamakan musim banjir,longsor,musim kekurangan air dll.
-Di musim kemarau banyak sekali peluang usaha musiman,diantaranya:
@Bisnis yang berhubungan dengan makanan atau minuman yang dingin-dingin.
@Bisnis pendistribusian air untuk mandi atau untuk minum didaerah yang mengalami kekeringan.
@Bisnis yang berhubungan dengan alat-alat yang bikin suasana lebih adem,misalnya penjualan AC,kipas angin,kipas,servis AC dll.
-Di musim hujan juga banyak peluang yang bisa di tangkap,semisal:
@Bisnis “penangkal” hujan semisal,payung,jas hujan,memperbaiki genteng bocor.
@Bisnis makanan atau minuman yang hangat-hangat,semisal;Bakso,gorengan,bandrek.
@Bisnis laundry biasanya juga rame.

2.Peluang bisnis musiman yang berhubungn dengan bulan tertentu.
Bisnis musiman yang dipengaruhi bulan tertentu juga tidak boleh di sepelekan,semisal:
@Bulan Juni-Juli biasanya bisnis yang berhungan dengan kebutuhan sekolah sedang naik daun,dari mulai alat tulis,seragam sekolah,tas,sepatu dll.
@Bulan Agustus biasanya diramekan oleh bisnis yang berhubungn dengan atribut yang berhubungan dengan tema kemerdekaan serta kebutuhan lomba,dll.
@Akhir bulan Desember biasanya ada peluang usaha yang berhubungn dengan perayaan akhir tahun.
@Di bulan-bulan tertentu ada juga musim pesta pernikahan (kalau nggak salah),berarti ada musim panen jualan sovenir nikah,catering,penyewaan gaun pesta,rias pengantin,penyewaan gedung,dll.
@Bila ada musim nikah berarti ada musim bayi lahir kan..?,peluamgnya bisa Anda raba-raba sendiri.

3.Peluang usaha yang berhubungan dengan even keagamaan.
@Bulan Ramadhan sampai lebaran adalah bulan peak season bagi hampir semua industri,terlalu banyak peluang usaha yang bisa dipilih.
@Lebaran haji juga menyimpan banyak peluang,semisal;bisnis kambing atau sapi untuk Qurban,musim panen biro haji,perlengkapan jamaah haji sampai oleh-olehnya juga sebuah peluang,dll.
@Perayaan Natal bagi umat Nasrani juga menyimpan banyak peluang,begitu juga dengan perayaan umat agama lain juga tidak kalah menariknya.

4.Peluang usaha yang berhubungan dengan even politik.
Saat ini bisa dibilang masa yang tidak pernah sepi dari hingar-bingar pilkada.Setiap bulan pasti ada beberapa daerah yang melangsungkan pilkada sehingga peluang usaha atribut pilkada tidak pernah mati.Apalagi ketika pemilu dan pemlihan presiden…Luar biasa besar peluangnya.

5.Peluang usaha yang berhubungan dengan even olah raga.
Peluang usaha yang berhubungan dengan even olah raga, entah lokal,nasional atau internasional juga tidak kalah menariknya,dari mulai busana,atribut,sovenir,bikin acara nonton bareng,dll.

6.Peluang usaha yang dipengaruhi oleh sebuah tren baru.
Peluang usaha ini bisa muncul dengan tiba-tiba lalu booming dan cepat berlalu karena berbagai faktor.Tren busana batik sekarang ini contoh yang menarik,semua “berbau” batik,baju pria,wanita,anak-anak,sepatu,tas,bahkan sampai furniture ada yang bermotif batik,banyak yang memperkirakan tren seperti ini tidak akan berlangsung lama.Akan booming lalu turun kepada keadaan semula.
Begitu juga saat pisang goreng pontia lagi naik daun,semuanya menyambarnya.lalu mulai jenuh tetapi selalu saja ada yang masih bisa eksis.Tren ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor,misalnya sebuah sinetron atau film,meniru tren dari negara lain,kejadian tertentu,dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, berbagai peluang usaha itu selalu ada disekitar kita. Jadi kita harus cukup peka dalam mencium dan memanfaatkan kesempatan tersebut.

sumber:usahaseksi.blogspot.com

No comments:

Post a Comment