Wednesday, July 27, 2011

Tiket Pesawat Mengalami Kenaikan



Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) memproyeksikan penjualan tiket pesawat biasa atau
tiket pesawat promo menjelang libur Lebaran meningkat hingga 15% dibandingkan dengan bulan-bulan biasa, khususnya untuk rute kota tujuan pemudik.


Wakil Ketua Astindo Rudiyana mengatakan jika dibandingkan dengan hari libur biasa atau long weekend, penjualan tiket pesawat untuk keberangkatan menjelang Lebaran meningkat 10%-15%, khususnya rute jutuan untuk kota-kota di Jawa seperti Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan sejumlah kota di luar Jawa.

Menurut dia, melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan menggunakan moda transportasi pesawat masih menjadi pilihan masyarakat yang bekerja di Ibu Kota karena faktor kecepatan waktu, sehingga lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga.

"Pesawat masih menjadi pilihan untuk melakukan perjalanan pulang kampung saat Lebaran, khususnya untuk kalangan mengengah ke atas, selain faktor waktu bisa lebih cepat sampai ke tujuan, harga tiket pesawat juga relatif terjangkau," katanya kepada Bisnis, hari ini.

Biasanya, lanjut dia, pada H-7 Lebaran tiket pesawat untuk tujuan kota-kota tersebut sudah habis terjual, baik untuk penerbangan yang sesuai dengan jadual harian maupun ekstra flight (penerbangan tambahan).

Sementara itu, terkait kenaikan harga tiket pesawat menjelang Lebaran, Rudiana menjelaskan masing-masing maskapai memiliki kebijakan sendiri dalam menentukan harga tiket, semakin tinggi permintaan biasanya harga tiket semakin melambung.

Pengalaman Lebaran tahun lalu, harga tiket pesawat meningkat hingga 100% karena tingginya permintaan. (tw/bisnis.com)

info:
Tiket Pesawat

No comments:

Post a Comment