Wednesday, July 25, 2012

Cara Membuat Alat Peraga Sederhana Untuk Mendeteksi Racun Nikotin

Dewasa ini nikotin merupakan salah satu zat yang paling bahaya untuk tubuh jika di gunakan tidak pada semestinya, biasanya zat ini di tanamkan pada Rokok, dan Obat-obatan terlarang lainya seperti yang terdapat pada narkoba. Sadar akan bahanya, tak pelak membuat sebagian orang membuat Alat Peraga sederhana untuk mendeteksi kandungan Nikotin pada makanan dan minuman yang sering beredar luas di pasaran.

Brosis pun dapat membuat alat peraga pendeteksi nikotin ini sendiri dengan mudah dengan hanya memanfaatkan beberapa tools seperti berikut ini :

  1. Bahan yang dibutuhkan : Toples plasteik kecil, 2 buah selang plastik seukuran rokok, kapas, lem plastik dan paku besar untuk melubangi plastik serta alat lain yang relevan.
  2. Cara membuat : Tutup plastik dilubangi sebesar selang, lalu pasang lubang pada lobang tersebut, jangan lupa di-lem supaya rapat. Masukkan kapas pada plastik.
  3. Cara penggunaan : Pasang rokok pada salah satu ujung selang, kemudian gunakan ujung selang yang lain untuk menghisapnya. Amati kapas yang ada pada toples plastik dan catat apa yang terjadi. Tampak kapas berwarna kekuning-kuningan, warna kuning itulah yang merupakan Nikotin.

Alat ini diproduksi oleh : Muhajir, S.Ag (LRC), Suparyati, A.Ma Pd (Ketua PSBG), Kasturi (PBS 1) dan Hj. Rustiyati (PBS 2)

Semoga berguna

No comments:

Post a Comment

Post a Comment