Thursday, November 1, 2012

Jaringan Instalasi Listrik Yang Aman



Instalasi listrik dalam suatu rumah adalah bagian terpenting dari sebuah rumah karena dalam sebuah rumah membutuhkan pencahayaan dan kegiatan lain yang membutuhkan energi listrik dalam suatu rumah, dan instalasi listrik dalam suatu rumah memerlukan struktur yang baik, agar tidak terjadi permasalahan konsleting yang mengakibatkan sering terjadinya kebakaran, bagaimana instalasi listrik yang aman ?, simak tips berikut ini:

Pertama yang harus kita lakukan langkah pencegahan yaitu dengan mengecek kelayakan instalasi listrik yang terinstalasi pada rumah kita terutama pada instalasi listrik yang mulai lama, hal ini dapat kita lakukan dengan pengecekan visual yang dapat kita lakukan sendiri ataupun kita juga dapat meminta bantuan petugas PLN jika kita ragu atau kurang menguasai tentang masalah instalasi listrik.

Kedua sebisa mungkin menggunakan sambungan T pada alat-alat listriks yang membutuhkan daya yang besar, seperti kulkas mesin cuci, AC, komputer dan alat elektronik lain yang menggunakan motor. Sebaiknya kita sediakan steker dan tempat khusus pada tiap alat diatas agar steker yang digunakan tidak terlalu panas dan leleh.

Ketiga pastikan kita mengetahui besar daya yang dibutuhkan alat listrik dirumah kita tidak melebihi daya maksimal listrik rumah kita, hal ini menjaga agar listrik dirumah kita tidak sering lampu mati akibat kelebihan beban karena jika terlalu sering lampu mati akan membuat alat-alat listril dirumah kita cepat rusak seperti komputer ataupun kulkas.

Keempat pastikan grounding kita bekerja atau berfungsi hal ini untuk menjaga agar alat listrik dirumah kita tidak tidak ada kebocoran listrik yang dapat menyengat atau menyetrum kita saat kita gunakan.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam membuat jaringan instalasi listrik yang aman, temukan info menarik tentang desain interior rumah mungil minimalis



Temikan artikel terkait:   Tips Mengatur Pencahayaan Rumah Yang Baik

No comments:

Post a Comment